KPP RI Siapkan Anggaran 27 M Untuk Perbaikan Pelabuhan Nusantara Untia

0
160

Makassar – (suaracargo.com)

Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia menyiapkan anggaran sebesar Rp27 miliar, yang dialokasikan untuk perbaikan infrastruktur Pelabuhan Nusantara Untia Makassar, Kelurahan Untia, Kecamatan Biringkanaya.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (DP2) Makassar, Abd Rahman Bando mengatakan, anggaran tersebut murni dari kementerian untuk membangun wilayah pesisir dan pulau. Bahkan kata dia, pengelolaan anggaran hingga proses lelang fisik dilakukan oleh kementerian.

“Kita hanya mengajukan usulan ke kementrian agar menempatkan programnya di Kota Makassar, khususnya program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat pesisir. Tahun ini ada anggaran Rp27 miliar yang akan dibawa ke Makassar, dan ditempatkan di Pelabuhan Untia,” kata Rahman, seperti dilansir sindonews.com.

Kata dia, langkah tersebut sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pembangunan di wilayah pesisir. Pasalnya, pemerintah kota sudah tidak lagi memiliki alokasi anggaran di bidang kelautan. Dia sendiri mengaku jika pihaknya belum mengetahui secara detail perihal infrastruktur apa yang nantinya akan dibangun di pelabuhan yang terletak di Kecamatan Biringkanayya Kota Makassar tersebut.

Namun, dia hanya mengusulkan beberapa infrastruktur yang dinilai perlu ada di kawasan tersebut. Misalnya, fasilitas air bersih, fasilitas tambatan perahu disekeliling dermaga, pabrik es dan stasiun pengisian bahan bakar minyak (SPBM) untuk nelayan yang belum ada saat ini.

“Saya belum tahu detailnya apa saja, tapi memang kan disana masih ada beberapa fasilitas yang belum lengkap dan belum bisa berfungsi dengan baik. Misalnya, fasilitas air bersih,” jelasnya.

Meski dikelola langsung oleh kementerian, dia berharap agar rencana tersebut bisa segera terealisasi. Sebab, yang menjadi perhatian dia adalah bagaimana output dari program pemerintah pusat itu bisa memberikan manfaat kepada masyarakat Kota Makassar.

“Insya Allah terealisasi tahun ini, tadi dari kementrian sudah menyampaikan besaran anggaran dan lokusnya. Mungkin dalam waktu dekat sudah masuk dalam proses persiapan lelang, pengumuman pemenang dan pengerjaan fisik,” ujarnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here