KSOP Dumai Segera Benahi Sistem Keamanan di Pelabuhan Pelindo

0
188
ilustrasi pelabuhan (riauheadline.com)
ilustrasi pelabuhan (riauheadline.com)

Dumai – (suaracargo.com)

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Dumai akan segera melakukan pembenahan total sistem keamanan dan pelayanan dengan meminta kerja sama aktif dari PT Pelindo setempat.

Menurut Kepala Bidang Penjagaan dan Keselamatan KSOP Dumai Sugeng Agung Prabowo di Dumai, penataan sistem keamanan yang selama ini dilakukan di area Pelindo ini masih belum maksimal dan kurang aman.

Selain itu, sistem pelayanan dan fasilitas publik di area Pelindo I Cabang Dumai ini juga akan diaudit oleh Kementerian Perhubungan dengan menurunkan lembaga independen.

“Penataan sistem keamanan di area pelabuhan dibuat bertujuan agar lebih terintegrasi, terpadu dan menimbulkan rasa aman nyaman kepada pengguna jasa,” katanya kepada pers.

Dia menjelaskan, KSOP terus mengingatkan dan mendorong manajemen Pelindo untuk menata sistem keamanan dan pelayanan di area publik agar aman dan bisa memuaskan semua pihak berkepentingan.

Pembenahan sistem keamanan di pelabuhan nantinya akan melibatkan sejumlah instansi terkait, seperti Kepolisian, TNI, Bea Cukai, Imigrasi dan Pelindo sebagai pengelola fasilitas kepelabuhanan.

Sementara, Kepala Seksi P2 Bea Cukai Dumai Indra Gunawan juga menilai pelaksanaan sistem keamanan di areal terminal penumpang Pelindo dipandang kurang maksimal dan tidak steril.

Sebab, selain harus dilengkapi berbagai fasilitas publik yang memadai, kawasan terminal tunggu penumpang pelabuhan seharusnya steril dan tidak ada oknum diluar petugas berwenang.

“Hanya petugas terkait yang dibenarkan berada di kawasan steril dan tidak boleh ada masyarakat melakukan kegiatan karena dikuatirkan bisa menganggu penjagaan keamanan,” ungkapnya.

Sebelumnya, General Manager Pelindo I Cabang Muhammad Junaidi menyatakan siap membenahi fasilitas publik dan penjagaan di lingkungan terminal penumpang pelabuhan supaya pelayanan lebih maksimal.

“Secara bertahap fasilitas publik di area pelabuhan akan kami tingkatkan demi kenyamanan dan memuaskan para pengguna jasa,” jelasnya, seperti dilansir riauheadline.com.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY