KSOP Gresik Tertibkan Truk Mangkrak di Pelabuhan

0
290
ilustrasi truk barang (baktruk.com)

Gresik – (suaracargo.com)

Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Gresik akan menata dan memperketat truk -truk yang parkir dan memperbaiki truk di area pelabuhan sebab menimbulkan keruwetan dan kotoran.

Kepala KSOP Kelas II Gresik, Capt. Hermanta, kaget saat melihat sopir truk yang memperbaiki di truk di area Pelabuhan Gresik.
“Ini yang tidak boleh. Memperbaiki truk di dalam area pelabuhan. Pelabuhan ya tempat transportasi tidak menjadi bengkel,” kata Hermanta yang baru dua pekan tugas di KSOP Kelas II Gresik, Minggu (18/9/2016).

banner-csm-atas

Selama ini, truk-truk yang tidak membawa muatan dan tidak antre muatan di Pelabuhan Gresik tetap bisa masuk ke dalam area pelabuhan sehingga membuat kondisi Pelabuhan Gresik menjadi sumpek dan penuh truk. Kondisi itu masih diperparah dengan adanya truk-truk tua yang sudah tidak bisa jalan, yang juga dibiarkan mangkrak di dalam area pelabuhan tersebut. “Secara bertahap nanti ditertibkan. Nanti koordinasi dengan berbagai instansi. Seperti Pelindo, Dishub Kabupaten Gresik dan KSOP,” imbuhnya.

Selama ini, upaya perbaikan sarana di Pelabuhan Gresik yaitu dengan membangun sarana parkiran truk. Mulai mengecor tempat parkir truk agar tidak berdebu.

“Pengecoran sudah 50 persen sudah dilakukan. Pembangunan ini untuk mengurangi kotoran dan debu yang ditimbulkan dari truk-truk,” kata Nanang Afandi, Humas sekaligus Kepala bagian Tata Usaha (Kabag TU) KSOP Kelas II Gresik.

Selama ini, truk-truk yang melayani pelayanan angkutan di Pelabuhan Gresik selalu parkir dan, bila ada yang mengalami kerusakan, diperbaiki di area pelabuhan. Alasan kegiatan itu adalah tidak ada lahan parkir di sekitar Pelabuhan Gresik karena tidak ada lahan parkir di luar pelabuhan Gresik. Padahal, pelabuhan Gresik merupakan salah satu pelabuhan penyangga Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Volume pengiriman barang dan jasa di Pelabuhan Gresik sangat tinggi. “Sebulan bisa 500 sampai 600 kapal per bulan. Rata-rata mengirimkan barang antar pulau,” kata Ferry, Kepala Seksi Kepelabuhanan KSOP Kelas II Gresik, seperti dilansir surabaya.tribunnews.com.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY