Kurangi Kapal Rakyat, PT Pelni Operasikan KM Express di Pelabuhan Sunda Kelapa

0
506
KM Express Bahari 3B milik Pelni beroperasi di Pelabuhan Sunda Kelapa. (Tribunnews.com/Adiatmaputra Fajar)

Jakarta – (suaracargo.com)

PT Pelni (Persero) telah mendapatkan kepercayaan Pemerintah untuk mengoperasikan KM Express Bahari 3B di Pelabuhan Sunda Kelapa ke Kepulauan Seribu. Tugas itu sejalan dengan perintah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk mengurangi kapal rakyat yang belum terjamin keamanannya.

“Kami menyambut baik kepercayaan Pemerintah untuk mengoperasikan KM Express Bahari 3B di Kepulauan Seribu,” ujar Corporate Secretary PT Pelni Didik Dwi Prasetio di dermaga Sunda Kelapa, Selasa (10/1/2017).

KM Express Bahari 3B merupakan kapal cepat buatan tahun 2005 dengan panjang 30 meter dan terbuat dari fiberglass. Kapal itu memiliki kapasitas angkut 208 orang ditambah 6 orang kru kapal.

“Sekarang tugas kami adalah menyediakan angkutan laut yang aman, nyaman, dengan pelayanan yang prima, khususnya bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Kepulauan Seribu,” kata Didik Dwi Prasetio.

Selain KM Express Bahari 3B, kapal PT Pelni lainnya yang melayani Kepulauan Seribu adalah KM Sabuk Nusantara 46 yang telah dioperasikan sejak akhir 2015.

“Dengan mengoperasikan dua kapal PT Pelni memegang peranan penting dalam roda perekonomian masyarakat Kepulauan Seribu. Tentu menjadi pekerjaan rumah bagi kami untuk menjadi angkutan transportasi laut yang andal dan dapat dibanggakan masyarakat Kepulauan Seribu,” tambah Didik Dwi Prasetio, seperti dilansir tribunnews.com.

PT Pelni saat ini mengoperasikan 26 kapal penumpang yang melayari 90 lebih pelabuhan di Indonesia. PT Pelni juga mengoperasikan 6 kapal Tol Laut dan 46 kapal perintis yang keduanya merupakan penugasan resmi dari Pemerintah.
Pada tahun 2017 ini, PT Pelni berhasil menghubungkan (connecting) jadwal pelayaran kapal penumpangnya dengan kapal perintis.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here