Kurangi Kemacetan di Ruas Tol, Polda Uji Coba Kanalisasi Truk

0
277
ilustrasi tol dalam kita (detik.com)
ilustrasi tol dalam kita (detik.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Truk dan angkutan beban berat lainnya telah menjadi salah satu faktor yang menghambat kelancaran lalu lintas di ruas tol dalam kota. Banyaknya angkutan beban berat yang tidak melaju pada jalurnya sering kali menyebabkan terjadinya kemacetan di ruas tol.

Untuk mengurai kemacetan di ruas tol dalam kota ini, Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya membuat terobosan rekayasa lalu lintas yakni dengan melakukan kanalisasi bagi kendaraan truk.

“Kita akan buat kanal, yang sebenarnya sudah ada di situ, tetapi tidak dipatuhi, yaitu satu, kendaraan berat harus di sebelah kiri,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Unggung Cahyono sebagaimana dilansir detik.com.

Hal ini diungkapkan Unggung usai memimpin upacara gelar apel pasukan Operasi Zebra Jaya di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (26/11/2014).

Kanalisasi kendaraan truk ini dilakukan dengan pemasangan traffic cone untuk membatasi lajur kiri atau lajur khusus truk. Kendaraan truk diarahkan untuk tetap berada di lajur tersebut hingga arah pintu keluar tol.

“Nanti juga akan ada anggota di sana yang berjaga,” imbuhnya.

Sedangkan untuk kendaraan roda empat berada di lajur 2 dan 3. Dengan adanya kanalisasi ini, diharapkan laju kendaraan kecil bisa dipercepat tanpa adanya hambatan.

“Kita akan coba seperti itu. Kita tidak akan biarkan kemacetan ini,” ungkapnya.

Kanaliasai ini akan diujicobakan selama 14 hari mulai Kamis (27/11) besok di sepanjang ruas Tol Cawang hingga Semanggi.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here