Kurangnya Infrastruktur Bikin Ongkos Logistik di Indonesia Mahal

0
366
bongkar muat peti kemas. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Jakarta – (suaracargo.com)

Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan daya saing sebuah negara adalah infrastruktur. Sebab, melalui infrastruktur yang baik, efisiensi dan efektifitas baru bisa diharapkan terjadi, tak terkecuali di sektor transportasi.

Hal itu juga diakui oleh Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Rosan Roeslani. Dirinya menyebutkan bahwa jika pembangunan infrastruktur yang melambat sangat mempengaruhi ongkos logistik di Tanah Air.

Bahkan, lanjutnya, tarif logistik dari Jakarta ke Balikpapan jauh lebih mahal ketimbang ke China.

“Bahkan jauh lebih mahal juga dibanding ke Jerman. Hal ini yang membuat daya saing kita menjadi kurang dibanding negara lainnya,” kata Rosan di Graha CIMB, Jakarta, Rabu (16/11).

Kendati demikian, pihaknya memuji langkah pemerintah yang saat ini terus melakukan percepatan pembangunan infrastruktur. Tidak hanya itu, beberapa kebijakan dan kemudahan juga terus dikeluarkan pemerintah guna mendorong peningkatan daya saing dalam negeri.

“Sudah banyak kebijakan pemerintah untuk memberikan kemudahan investasi. Mereka mengefisiensikan, berikan kemudahan pada dunia usaha shingga kita lebih kompetitif,” pungkasnya, seperti dilansir merdeka.com.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY