Layanan TPFT Belawan Bisa Tekan Dwelling Time

0
445
Pelabuhan Belawan (id.wikipedia.org)

Medan – (suaracargo.com)

Layanan Tempat Pemeriksaan Fisik Terpadu (TPFT) secara online disediakan di Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara. Layanan tersebut bertujuan untuk mempercepat dwelling time atau waktu bongkar muat barang di pelabuhan itu.

“Tempat pemeriksaan Fisik Terpadu (TPFT) tersebut merupakan yang pertama di luar Pulau Jawa,” kata Pelaksana Harian Humas Pelindo 1, Rafika Aulia dikutip dari Antara dan dilansir metrotvnews.com, Selasa (11/10/2016).

Menurut dia, TPFT itu dapat dioptimalkan guna menunjang kegiatan pemeriksaan fisik bea cukai dan karantina dengan mekanisme pemeriksaan karantina dilakukan terlebih dulu sebelum respons kepabeanan.

posko-garut

“Kesiapan dalam pelayanan TPFT kepada pengguna jasa dan masyarakat merupakan komitmen dalam mempercepat layanan, serta keamanan barang impor pengguna jasa,” ujar Rafika.

Ia mengatakan, TPFT itu sudah dioperasikan sejak 1 November 2015 di Belawan International Container Terminal (BICT) yang merupakan pelabuhan utama Pelindo 1.

Dengan adanya layanan TPFT itu, proses waktu kegiatan pemeriksaan (behandle) peti kemas impor menjadi lebih efisien karena sudah menggunakan sistem online yang terintegrasi.

Performa kinerja layanan BICT dengan adanya TPFT itu semakin membaik. Salah satu indikasi perbaikan tersebut adalah kemampuan mempersingkat dwelling time dari sebelumnya rata-rata sekitar 5,9 hari.

“Namun setelah layanan ini tercatat selama 2016 (Januari-September) dwelling time rata-rata menjadi 4,6 hari, dan ditargetkan akhir Oktober ini dwelling time menjadi 2,5 hari,” ucapnya.

Rafika menyebutkan, Pelindo 1 terus berkomitmen untuk semakin mempersingkat dwelling time tersebut. Bahkan, banyak pihak yang mengapresiasi layanan TPFT.

“Fasilitas TPFT kepada pengguna jasa ini merupakan wujud keseriusan dan bentuk komitmen Pelindo 1 dalam memberikan pelayanan yang terbaik,” pungkas Rafika.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here