Lihat Padatnya Kontainer, Menhub Dukung Pembangunan Pelabuhan Murhum

0
608
Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan saat meninjau Pelabuhan Murhum Kota Baubau. Foto: Fauzi/Buton Pos
Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan saat meninjau Pelabuhan Murhum Kota Baubau. Foto: Fauzi/Buton Pos

Bau-Bau (suaracargo.com)

Menteri Perhubungan RI Ignasius Jonan, Senin 13 April 2015, meninjau kondisi dermaga Pelabuhan Murhum yang ambruk sepanjang kurang lebih 80 meter. Menhub juga meninjau rencana pengembangan fasilitas pelabuhan yang menghubungkan transportasi laut barat dan timur itu. Melihat arus transportasi Pelabuhan Murhum yang begitu ramai, padat dan sumpek akibat tumpukan kontainer yang berjejer di kawasan pelabuhan, mantan Direktur PT KAI itu mendorong sepenuhnya rencana Pemkot Baubau membangun dermaga kargo dan peti kemas di Kelurahan Lakologou, Kecamatan Kokalukuna.

“Kalau ada rencana dan design seperti itu, harus dikembangkan dan dibangun agar penataan pelabuhan di Baubau ini lebih baik. Jadi, tidak bisa hanya bangun dermaga saja, harus ada grand design atau restiker seperti itu (pembangunan dermaga kargo dan peti kemas, red),” ungkap Jonan, sebagaimana dilansir situs berita Fajar Online (fajar.co.id). Jonan mengatakan hal tersebut saat diminta tanggapannya mengenai rencana Pemkot tersebut.

Apalagi, kata dia, Pelabuhan Baubau merupakan pelabuhan yang cukup besar dan penting di wilayah Timur Indonesia. Maka itu, untuk pengembangannya kedepan, kapasitas pelabuhan itu harus terus dinaikan agar semakin lebih baik lagi. “Jadi tidak bisa hanya dermaga saja, terminal penumpang dan fasilitas lainnya juga harus diperhatikan dan dilengkapi,” sarannya.

Bagaimana dengan Pelabuhan Murhum yang ambruk, menteri dari Kabinet Kerja ini mengaku akan membantu untuk perbaikannya. “Ya harus diperbaiki secepatnya. Kalau memang ada kapal yang tabrak, mestinya pihak kapal itu perbaiki atau menggantinya. Kalau tidak, sanksi dari kita ya cukup tegas,” tukasnya.

Sementara itu, Walikota Baubau H AS Tamrin menyambut baik kedatangan Menteri Perhubungan yang baru pertama kalinya di Baubau ini. Tamrin berharap, kunjungan ini akan menghasilkan dukungan kebijakan maupun anggaran untuk peningkatan pembangunan dan fasilitas perhubungan Kota Baubau dari pemerintah pusat, khususnya Kementerian Perhubungan. Apalagi, kemampuan Baubau sangat terbatas untuk penganggaran pembangunannya. “Makanya, saat beliau tiba di bandara tadi saya paparkan mengenai potensi perhubungan Kota Baubau dan prospek-prospek pengembangan ke depannya serta keterbatasan kita akan anggaran,” ujar Tamrin usai mengantar kepulangan Menteri Perhubungan di Bandara Betoambari.

Orang nomor satu di Kota Baubau ini mengaku bersyukur atas respon dan tanggapan positif yang diberikan Menteri Jonan akan rencana pihaknya membangun dermaga kargo dan peti kemas di kawasan Lakologou. “Tentunya segala sesuatunya untuk mendapatkan bantuan dari pusat tersebut ada mekanismenya,” imbuhnya

Kalau untuk pembangunan Dermaga Murhum yang roboh, kata Ketua DPD PAN Kota Baubau ini, sudah ada anggarannya dan akan diperbaiki atau dibangun tahun ini. “Termasuk pengembangan Pelabuhan Murhum sendiri, setelah pak menteri melihat kontainer yang bertumpuk harus segera dikembangkan. Baru dua perusahaan saja (SPIL dan Mentari, red) sudah bertumpuk seperti itu. Padahal ada dua perusahaan lagi yang bermohon masuk, tapi itu sementara kita tolak dulu karena membludaknya arus barang yang keluar masuk,” bebernya.

Tamrin juga berharap, dengan kehadiran Menteri Perhubungan RI berkunjung di Kota Baubau, masyarakat bisa melihat bagaimana upaya Pemkot dalam keseriusannya membangun daerah, khususnya mengenai infrastruktur dan fasilitas perhubungan. “Harapan kita masyarakat mendukung akan upaya-upaya pembangunan yang kita lakukan, sehingga partisipasinya sangat kita harapkan. Yang pastinya domainnya ada tiga, yakni pemerintah, dunia usaha dan masyarakat merupakan satu rangkaian yang tak terpisahkan dalam mengantar pembangunan,” pungkasnya.

Amatan koran ini, Menteri Perhubungan beserta rombongan tiba di Bandara Betoambari sekitar pukul 10.30 Wita, dengan menggunakan pesawat khusus jenis Hawker 900 XP PK-CAR. Kedatangan menteri tersebut disambut hangat oleh Walikota Baubau H AS Tamrin, Bupati Buton Samsu Umar Abdul Samiun, Bupati Buton Tengah (Buteng) Abdul Mansur Amila, Bupati Buton Selatan (Busel) La Ode Mustari yang diwakili Sekab Muh Zakir, Kapolres Baubau AKBP Eko Wahyuniawan SIK, Ketua DPRD Baubau Roslina Rahim, Ketua PKK Baubau Ny Sartini Tamrin, Sekot Baubau Muh Djudul dan jajaran Pemkot Baubau.

Sebelum meninjau Pelabuhan Murhum, menteri terlebih dahulu mendengarkan pemaparan Walikota Baubau akan potensi dan strategis keberadaan Perhubungan Kota Baubau yang mengikat daerah-daerah di sekitarnya yang sengaja digelar di ruang VIP Bandara. Pemaparan singkat walikota tersebut diakhiri dengan penyerahan dokumen usulan pembangunan dermaga kargo dan peti kemas serta pemberian cindera mata.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here