Lima Kapal Terbakar di Pelabuhan Juwana, Pati

0
317
Kebakaran 5 kapal di Pelabuhan Juwana, Pati. (Foto: Arif Syaefudin/detikcom)

Pati – (suaracargo.com)

Lima unit kapal yang tengah bersandar di Pelabuhan Juwana, Pati, ludes dilalap api pada Rabu (14/6/2017) siang. Diduga, api pertama kali muncul akibat percikan api proses pengelasan kemudi salah satu kapal yang terbakar. Total kerugian ditaksir mencapai Rp 8 Milyar.

Api pertama kali diketahui muncul pukul 11.00 WIB. Petugas fasilitas pelabuhan dan ketertiban pada Kantor UPP Juwana, Rochmad Seno Aji, menyebutkan api pertama kali membakar badan Kapal Motor (KM) Heng Jaya. Lantaran badan kapal yang terbuat dari kayu, api cepat menjalar ke empat kapal lainnya yang berdekatan.

Awalnya KM Heng Jaya tengah dilakukan perbaikan berupa pengelasan di rumah kemudi bagian dalam belakang kapal. Saat proses pengelasan itu, tiba-tiba terlihat kepulan asap muncul dari kamar mesin yang letaknya berada di bawah rumah kemudi.

“Saat dicek ternyata benar, api telah membakar mesin,” ungkap Rochmad saat dihubungi detikcom.

Petugas Syahbandar yang mendapatkan laporan dari warga kemudian berupaya untuk melakukan pemadaman api menggunakan dua buah PMK jinjing, namun tidak berhasil. Api terus membakar badan kapal hingga akhirnya menjalar ke badan kapal lainnya.

“Kapal kemudian dipisahkan dari tambatan dengan harapan agar jumlah kapal yang ikut terbakar tidak bertambah,” imbuhnya.

Sekitar pukul 14.00 WIB, api berhasil dipadamkan dengan bantuan empat unit armada pemadam kebakaran, ditambah dengan delapan unit mobil tangki air bantuan warga. Diduga api muncul akibat percikan api proses pengelasan kemudi. Total kerugian ditaksir mencapai Rp 8 miliar.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY