Masih Ada Bagian Pelabuhan Tanjung Priok yang Belum Steril dari Rumah Penduduk

0
392
Sebuah truk tanpa muatan melintas di Terminal Kontainer Internasional (JICT), Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (1/5).

Jakarta – (suaracargo.com)

Pembangunan Tol Akses Tanjung Priok menyisakan pekerjaan Seksi E2 sepanjang 2,74 kilometer (km). Meski pembangunan jalan itu sudah mendekati selesai, masih ada satu pekerjaan rumah yang perlu segera diselesaikan, yaitu lokasi pelabuhan yang belum steril dari rumah penduduk.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Pelaksanaan II Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional IV Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Bambang Nurhadi, kepada detikFinance, akhir pekan lalu.

“Pelabuhan Tanjung Priok seharusnya bisa seperti Pelabuhan di Singapura. Apa lagi sudah terhubung dengan tol kami (Tol Akses Tanjung Priok). Tapi kendalanya, area dalam pelabuhan masih belum steril dari rumah warga,” tutur dia.

Kondisi seperti ini, sambung dia, membuat aktivitas menuju pelabuhan menjadi kurang kondusif. Potensi masalah yang ditimbulkan sangat beragam, dari kecelakaan hingga ancaman pencurian kontainer-kontainer yang disimpan di pelabuhan.

“Seperti yang di dekat bekas makamnya Mbah Priok. Harusnya itu steril dari rumah warga. Karena faktor safety saja dan soal keamanan. Kalau pelabuhan tidak steril kan banyak potensi hal tidak kita inginkan bisa terjadi,” beber dia, seperti dilansir detik.com.

Sayangnya, ia mengaku tidak bisa bertindak lebih jauh untuk mengatasi permasalahan tersebut. Menurutnya, langkah tersebut lebih tepat diambil alih oleh PT Pelindo II selaku pengelola pelabuhan.

“Karena saya ditugasi hanya boleh bangun infrastruktur saja, kami menyediakan. Masalah manajemen dan hal-hal lebih lanjut, kami tidak berwenang untuk melakukan tindakan,” pungkasnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here