Masuki Hari ke Lima Mogok Kerja Pekerja JICT, Pelabuhan Tanjung Priok Berangsur Normal

0
372
Pelabuhan Tanjung Priok - Ilustrasi (industri.bisnis.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Memasuki hari kelima aksi mogok kera Serikat Pekerja PT Jakarta International Container Terminal (JICT) situasi pelabuhan sudah mulai berjalan normal dan kondusif. Tidak terlihat lagi truk kontainer yang mengantre masuk maupun keluar pelabuhan.

Ini bukti kalau rencana kontingensi pemerintah koordinasi Dirjenhubla Kemenhub, Polri, Pelindo II dan PT JICT berhasil menjaga arus barang dan pelayanan pelabuhan bagi konsumen optimal.
Menurut Pancarno, salah satu pekerja JICT yang tidak mogok kerja, jumlah pekerja yang mundur dari mogoknya bertambah lagi hari ini.

“Sampai hari ini yang mogok kerja mulai berkurang, posisi pekerja yang tidak ikut berjumlah sekitar 200 orang dari 699 pekerja organik JICT. Sebelumnya di hari ke-1 jumlahnya sekitar 170 orang, bertambah 30-an orang. Kemungkinan besar akan terus bertambah sampai beberapa hari ke depan,”ujar Pancarno, Senin(7/8/2017).

Mogok kerja yang dilakukan serikat pekerja JICT sampai hari ini masih berlangsung aman. Pekerja yang ikut melakukan mogok kerja hanya diperbolehkan berada di depan gedung utama JICT.

“Aparat kepolisian dan sekuriti juga mengawal teman-teman yang masuk bekerja,” kata Pancarno, seperti dilansir tribunnews.com.

Ia meminta rekan-rekan di JICT tak usah khawatir membatalkan mogoknya karena itu hak yang dilindungi oleh undang-undang ketenagakerjaan.

“Tak usah khawatir karena itu hak dan dilindungi Undang-Undang. Perusahaan juga komit melindungi pekerja dan akan beri bantuan hukum jika ada persekusi atau intimidasi, “ujarnya.

Jika ada pekerja yang diintimidasi atau dipersekusi kata Pancarno lapor ke manajemen karena itu menyalahi UU Naker dan Perjanjian Kerja Bersama (PKB).

“Sudinakertrans juga harus bersikap tegas, jangan lambat ambil keputusan karena tak ada hak normatif kami yang dilanggar oleh perusahaan JICT, cek saja di PKB 2013-2015, “tutupnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here