Masuki Minggu Ketiga Ramadhan, Pengiriman Barang Lewat Kantor Pos Meningkat

0
384
ilustrasi Pos Indonesia (Antara / republika.co.id)

Jawa Tengah – (suaracargo.com)

Memasuki minggu ke tiga Ramadan, pengiriman barang melalui jasa Kantor Pos Besar Surakarta mengalami peningkatan. Diprediksi, pengiriman barang akan terus mengalami peningkatan hingga mendekati hari H lebaran 2017.

Wakil Kepala Kantor Pos Solo, Adhi Widjayanto mengatakan, pengiriman paket barang mulai terasa sejak awal Ramadan. Sebagian barang yang dikirimkan merupakan hasil transaksi penjualan bisnis online shop.

Ia menyebut, jumlah pengiriman barang di kantor pos yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman kawasan Gladag itu rata-rata mencapai 700 kantong per hari. Namun saat ini per harinya meningkat sekitar 900 sampai 1.000 kantong. Adapun volume per kantong sebesar 30 kilogram.

“Kalau tahun lalu banyak pelaku online shop yang mengirimkan barang pada pertengahan Ramadan. Sedangkan tahun ini justru sudah meningkat sejak beberapa hari sebelum puasa. Kebanyakan yang dikirim penjualan online shop berupa barang fashion, seperti baju, gamis, hijab,” kata Adhi, Rabu (14/6).

Selain pengiriman barang, lanjut dia, peningkatan serupa juga terjadi pada jasa pengiriman uang. Untuk wesel dalam negeri meningkat 15 – 20 persen lantaran banyak mahasiswa dari luar kota yang menimba ilmu di Kota Solo. Sedangkan pengiriman uang dari luar negeri mencapai 7 – 10 persen.

Guna meningkatkan kepuasan konsumen, Kantor Pos memberikan layanan pick up service. Teknis layanan jemput bola itu, kata dia, calon pengirim tinggal menghubungi call center Kantor Pos Solo atau nomer pickup service yang sudah disebar di tiap kecamatan. Selain itu, jam operasional juga diperpanjang hingga pukul 22.00 WIB, dan pada hari Minggu pukul 08.00 – 17.00 WIB.

“Kami menyebar 43 pengemudi pickup service. Nantinya petugas yang dilengkapi dengan alat timbang akan mengambil barang-barang yang akan dikirimkan masyarakat,” tandasnya, seperti dilansir merdeka.com.

Salah seorang pengguna jasa ekspedisi Kantor Pos, Erna Margayanti Tri Utami (34) warga Telukan, Sukoharjo mengaku, sejak memasuki bulan puasa lalu pengiriman barang di online shop miliknya mengalami peningkatan. Dari sebelumnya hanya 40 barang per hari kini melonjak mencapai 100 barang per hari.

“Ini mau kirim pesanan hijab ke Natuna. Karena jumlah pesanan hanya 1 barang, saya pilih ke Kantor Pos. Lebih hemat biaya ongkos kirimnya,” kata pemilik Naina Hijab online shop ini saat antre di Kantor Pos Solo.

Laporan: Aditya Putra Wijaya
Editor: M. Nahar

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here