Menhub Belum Dapat Arahan Terkait Pembangunan dan Perluasan 24 Pelabuhan

0
326
Jonan Belum Dapat Arahan Soal 24 Pelabuhan Jokowi (Ignasius Jonan: okezone)
Jonan Belum Dapat Arahan Soal 24 Pelabuhan Jokowi (Ignasius Jonan: okezone)

Jakarta – (suaracargo.com)

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengaku belum ada arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk anggaran terkait pembangunan dan perluasan sebanyak 24 pelabuhan sebagai dukungan konsep maritim. “Belum, ikut APBN 2015 saja,” kata Jonan, Jakarta, Selasa (18/11/2014), sebagaimana dilansir okezone.com

Jonan juga menambahkan bahwa hal ini juga berlaku untuk permintaan bantuan asing untuk ekspansi 24 pelabuhan. Mantan dirut PT KAI tersebut hanya mengikuti APBN 2015 saja, namun akan berubah jika sudah melakukan perubahan APBN 2015. “Belum juga, tadi arahannya ikuti APBN 2015. Belum ada arahan tambahan lagi sementara,” sebutnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal melakukan ekspansi sebanyak 24 pelabuhan sebagai salah satu cara mendukung konsep maritim dengan membangun tol laut. Nantinya, pelabuhan-pelabuhan ini akan terbagi atas pelabuhan yang menjadi hub internasional, pelabuhan utama dan pelabuhan pengumpul. Lalu dimana saja lokasi 24 pelabuhan tersebut?

Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Bappenas, Dedy S Priatna mengatakan, 24 pelabuhan itu diantaranya, Pelabuhan Banda Aceh, Belawan, Kuala Tanjung, Dumai, Batam, Padang, Pangkal Pinang, Pelabuhan Panjang.

Kemudian Pelabuhan Tanjung Priok, Cilacap, Tanjung Perak, Lombok, Kupang, Pontianak, Palangkaraya, Banjarmasin, Maloy, Makassar, Bitung, Halmahera, Ambon, Sorong, Merauke dan Jayapura.

“Dari 24 pelabuhan itu, hanya Pelabuhan Kuala Tanjung, Bitung dan Sorong yang akan dibangun baru. Sisanya hanya perluasan dan penambahan kapasitas,” jelasnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here