Menhub dan Menko Maritim Bahas Pendalaman Alur di Wilayah Pantai Timur Sumatera

0
481

Jakarta – (suaracargo.com)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi sore tadi menyambangi Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Pertemuan kedua menteri tersebut terkait pendalaman alur di wilayah pantai Timur Sumatera.

Luhut menjelaskan, rencana pengembangan wilayah di pantai Timur Sumatera adalah dengan pengembangan salah satu pelabuhan di Kabupaten Pelalawan, Riau. Rencananya, pihaknya akan mengembangkan kapasitas dermaga dan pendalaman alur hingga sekitar 18-20 meter, sehingga bisa disinggahi oleh kapal-kapal besar.

“Pelalawan itu kan sudah ada, tapi pelabuhannya enggak terlalu dalam lautnya. Padahal itu pelabuhannya dibutuhkan di sana. Itu jadi bagian tol laut Presiden. Jadi ada sebagian laut yang perlu didalami di situ. Mungkin ada yang dalamnya baru 12 meter, mungkin perlu sampai 18-20 meter,” ujarnya di Gedung BPPT, Jakarta, Jumat (2/12/2016).

Dengan adanya pelabuhan di Pelalawan ini nantinya biaya logistik akan menjadi lebih murah. Soalnya, selama ini kegiatan logistik harus melalui Pelabuhan Teluk Bayur, Padang. “Selama ini barang dibawa ke Teluk Bayur jadi cost-nya lebih mahal.Padahal, kalau di situ (Pelalawan), dia langsung ke pelabuhan. Cost-nya lebih murah,” tuturnya.

Jika jadi dikembangkan, maka otomatis pelabuhan ini juga akan termasuk salah satu rute dari tol laut sebagaimana yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Untuk itu, Luhut berharap agar pengembangan pelabuhan di Pelalawan tersebut bisa segera dilakukan mulai tahun depan.

Pasalnya, saat ini rencananya masih berada dalam tahap finalisasi. “Kita harap bisa dimulai tahun depan. Sekarang kita finalisasi pembicaraannya. Daerahnya dekat pulau apa, saya lupa, dekat Pelalawan lah, pantai Timur Sumatera,” jelasnya, seperti dilansir okezone.com.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here