Menhub Dijadwalkan Resmikan Pelabuhan Feri di Aceh

0
580
Pelabuhan Internasional Samudera Pase, Krueng Geukuh, Aceh Utara (portalsatu.com)

Meulaboh – (suaracargo.com)

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dijadwalkan akan meresmikan pengoperasional pelabuhan penyeberangan feri di Samatiga, Aceh Barat, 19 Mei 2016 ini. Penyeberangan Meulaboh-Simeuleu itu sempat terputus selama 12 tahun, setelah pelabuhan setempat dihantam tsunami, tahun 2004 silam.

Peresmian pelabuhan pelayaran Meulaboh (Aceh Barat)-Sinabang (Simeulue) tersebut dipadukan dengan dua pelabuhan laut lain di Aceh, serta tiga pelabuhan di Sumatera Utara (Sumut). Upacara peresmian pelabuhan tersebut dipusatkan di pelabuhan feri Samatiga, Meulaboh.

Berdasarkan keterangan diperoleh Serambi, Kamis (12 Mei 2016), kepastian peresmian pelabuhan feri di Samatiga itu diperoleh setelah pertemuan di Kementerian Perhubungan di Jakarta, yang dihadiri pejabat dari Aceh Barat.

Tiga pelabuhan yang diresmikan di Aceh, meliputi pelabuhan penyerangan di Samatiga, Aceh Barat, pelabuhan laut di Aceh Singkil, dan pelabuhan laut di Calang, Aceh Jaya. Tiga lainya berada di Sumut, meliputi pelabuhan Tanjung Tiram, pelabuhan Baros, dan pelabuhan Sirambut.
“Dari hasil rapat di Kemenhub kita peroleh informasi bahwa pelabuhan penyerangan di Aceh Barat akan diresmikan langsung Pak Menhub,” kata Bupati Aceh Barat, HT Alaidinsyah, kemarin.

Menurutnya, peresmian pelabuhan feri di Meulaboh akan dipadukan dengan lima pelabuhan lain yang simbolis peresmian dipusatkan di Meulaboh. Namun, kepastian final akan dibahas lebih lanjut di Meulaboh pada 17 Mei, dihadiri Direktur Kemenhub serta pejabat dari daerah yang pelabuhan diresmikan tersebut.

Bupati Aceh Barat mengakui, dengan peresmian pelabuhan feri Samatiga tersebut, pelayaran Meulaboh-Sinabang yang terhenti sejak tsunami 2004 silam, dibuka kembali. Keberadaan pelabuhan feri tersebut diharapkan dapat membuka akses transportasi darat Meulaboh-Sinabang. “Pelabuhan feri yang dibangun tersebut merupakan pelabuhan pengganti yang dibangun pemerintah melalui dana APBN dan APBA secara bertahap,” katanya.

Alaidinsyah mengatakan, dari keterangan diperoleh keberadaan pelabuhan feri Samatiga sudah rampung, termasuk sisi laut dan sisi darat, dengan panjang dermaga 350 meter. Bahkan beberapa bulan silam pihak Kemenhub sudah meninjau pelabuhan tersebut. “Ini sebuah kebanggaan untuk pelayaran Meulaboh-Sinabang,” demikian Bupati Aceh Barat.

Pimpinan PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Singkil, Gunawan, selaku pihak yang mengelola pelayaran Meulaboh-Sinabang yang ditanyai Serambi kemarin membenarkan informasi bahwa Menhub akan meresmikan pelabuhan penyeberangan di Samatiga, Aceh Barat.

Terhadap kapal feri yang dibawa ke Meulaboh untuk pelayaran Meulaboh-Sinabang pada saat peresmiannnya nanti, ia mengatakan masih berkoordinasi lebih lanjut. “Masih kita koordinasikan soal kapal tersebut,” kata Gunawan.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here