Menhub Gembira Atas Hadirnya Kapal Raksasa di Tanjung Priok

0
455
Menhub Budi Karya Sumadi (sumeks.co.id)

Jakarta – (suaracargo.com)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terlihat sangat kembira hadirnya kapal raksasa di dermaga JICT, Tanjung Priok. Sebab kapal milik Compagnie Maritime d’Affretement – Compagnie Generali Maritime (CMA-CGM) itu akan melayani pengangkutan peti kemas langsung dari Tanjung Priok ke West Coast (LA & Oakland) Amerika Serikat (AS).

Budi memperkirakan, rute pelayanan peti kemas tersebut akan membuat biaya pengiriman barang ke AS lebih hemat hingga 30%. Sebab, sebelum adanya kapal milik CMA-CGM itu, pengiriman barang dari RI ke AS harus melalui pelabuhan di Singapura.

“Dengan adanya kenaikan dari pada besarnya kapal ini maka tercapailah tingkat efisiensi yang baik. Dari segi harga diharapkan ada satu cut 20-30%,” tuturnya di Tanjung Priok, Jakarta, Minggu (23/4/2017).

Selain itu, lanjut Budi, adanya pelayanan peti kemas yang diberi nama Java South East Asia Express Services/ Java SEA Express Services atau disingkat JAX Services itu akan memangkas waktu pengiriman ke AS hingga 10 hari.

“Berarti tingkat daya saing dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju AS mencapai suatu tingkat competitiveness yang sama dengan negara-negara tetangga,” tambahnya, seperti dilansir detik.com.

Untuk rute pelayanan tersebut, CMA-CGM mengerahkan 17 kapal raksasa dengan rata-rata kapasitas di atas 8.000 TEUs. 17 kapal itu melayani dengan sistem weekly call atau sandar minggu secara rutin.

Dengan meningkatnya daya saing Tanjung Priok, Budi memberi target kepada PT Pelindo II selaku operator untuk meningkatkan kapasitas pelayanan di Tanjung Priok menjadi 12 juta TEUs di 2019.

“Internasional sudah tapi secara rill memang harus dibuktikan dengan jumlah barang yang di manage. Sekarang sudah capai 6 juta TEUs, kami berikan target kepada Pelindo II untuk capai 20 juta TEUs. Dengan harapan ongkos logistik bisa murah,” tukasnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here