Menhub Ingin Integrasikan Tol Pantura Dengan Pelabuhan Patimban

0
544
Pantai Patimban, Subang (koran.bisnis.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi berencana mengintegrasikan Pelabuhan Patimban, Jawa Barat dengan jalan tol utama di ruas Pantura.

“Ada ide seperti itu, kalau menggunakan jalan yang lama kurang baik, aksesibilitasnya kurang baik,” kata Budi di Gedung Kemenko bidang Kemaritiman, Jakarta, Kamis (27/10/2016).

Menurut Budi, pemerintah saat ini tengah mendetailkan perencanaan pembangunan pelabuhan pengganti Cilamaya tersebut.

“Jalan tol utama lebih bagus, dan jalan tol itu nantinya bisa membiayai dirinya sendiri,” terangnya, seperti dilansir kompas.com.

Budi menambahkan, aksesibilitas Pelabuhan Patimban tidak akan sempurna jika hanya mengandalkan ruas jalan yang sudah ada.

Namun, dengan adanya penambahan ruas tol maka nilai investasi Pelabuhan Patimban pun akan berubah.

Menurut Budi, hal tersebut tidak akan jadi masalah karena nantinya pemerintah akan mengundang swasta untuk masuk dalam proyek jalan tol tersebut.

“Tidak masalah, kalau jalan tol malah swasta akan masuk,” ucap Budi. Terkait pengelolanya, Budi tetap berharap Pelabuhan Patimban dapat dikelola oleh lembaga yang berasal dari unsur pemerintah.

Pihaknya pun saat ini tengah memikirkan siapa pengelola Patimban ke depannya. “Yang penting, Patimban, reklamasi dan Priok jadi kawasan satu hub. Nanti ada satu koordinatornya,” tandasnya.

Penulis : Iwan Supriyatna
Editor : M Nahar

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here