Menhub Jonan Bantah Ada Monopoli

0
323
ilustrasi pelabuhan (kabar24.bisnis.com)
ilustrasi pelabuhan (kabar24.bisnis.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan membantah ada monopoli dalam pengiriman kapal barat di Indonesia bagian barat. Yang selama menyebabkan harga-harga barang di Indonesia bagian timur menjadi mahal adalah ketidakjelasan jadwal pelayaran kapal-kapal pengangkut logistik.

“Bukan semata-mata permainan monopoli, di timur jarang ada kepastian kapan datangnya,” ujar Jonan di DPD DPR RI, Kamis (15/1/2015). Untuk mencegah tingginya disparitas harga antara Indonesia bagian barat dan timur, pemerintah melalui instruksi presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membangun tol laut.

Tol laut, Jonan menjelaskan, akan mempermudah akses distribusi logistik di seluruh wilayah di Indonesia. “Mengenai sektor terbesar itu adalah laut, tol laut menjadikan laut sebagai penghubung bukan pemisah,” ungkap Jonan sebagaimana dilansir tribunnews.com.

Satu hal besar yang akan segera dikerjakan oleh Jonan adalah menugaskan Badan Usaha Milik Negara bidang pelayaran, mengoperasikan angkutan barang yang terjadwal, terutama di pelabuhan yang tidak dilayani jasa angkutan laut secara komersial.

“Kalau yang dimulai ke tengah, jamnya WITA dan Timur, itu banyak daerah tidak dilayani angkutan barang terjadwal,” ungkap Jonan.
Jonan juga akan memberikan anggaran khusus bagi kapal perintis yang memberikan jadwal kedatangan dan keberangkatan di Indonesia wilayah bagian tengah dan timur. Dengan begitu harga yang dijual di wilayah tersebut tidak mahal dibandingkan wilayah barat.

“Subsidi perintis untuk kapal-kapal barang yang ada jadwalnya. Nggak bisa tepat sampai menitnya, tapi harinya tahu,” papar Jonan.
Jonan menambahkan jika tol laut sudah jadi, pembangunan dan kesejahteraan masyarakat akan merata.”Dengan harapan, harga barang di wilayah dan timur bisa harganya hampir sama dengan di wilayah barat. Kalau nggak ada ketimpangan pembangunan,” kata Jonan.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here