Menhub Jonan Janji Datangkan Investor ke Sabang

0
183
Menteri Perhubungan Ignasius Jonan. Antara/Andika Wahyu
Menteri Perhubungan Ignasius Jonan. Antara/Andika Wahyu

Banda Aceh – (suaracargo.com)

Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan berjanji akan mendatangkan investor di Pelabuhan Sabang untuk meningkatkan perekonomian daerah.

Menurut penilaian Jonan, Pelabuhan Sabang memiliki potensi besar dan merupakan pelabuhan alam alami, karena secara operasional tak banyak yang harus dikeluarkan. Ditambah lagi, Pelabuhan Sabang tak memiliki sedimentasi/pendangkalan sehingga tidak memerlukan kapal keruk.

Demikian seperti disampaikan Wakil Kepala Badan Pengelolaan Kawasan Sabang (BPKS), Irwan Faisal. Dia menyatakan, dengan fasilitas yang dimiliki oleh BPKS, Pemkot Sabang siap untuk menampung investor ke daerah tersebut.

“Dari segi fasilitas pelabuhan, kita siap menerima investor di Sabang,” ujar dia sebagaimana dikutip dari Antara dan dilansir metrotvnews.com, Selasa (13/10/2015).

Irwan lalu menjelaskan, secara geografis pelabuhan Sabang berada pada titik kordinat 05-53 LU/095-19.00 BT, dengan kedalaman laut yakni 10 meter sampai 53 meter.

Alur pelayaran yang dimiliki pelabuhan Sabang pun cukup memadai yakni dengan panjang 1.400 meter, lebar 800 meter, dan area kolam pelabuhan memiliki luas yakni 177 hektare (ha).

Sedangkan fasilitas pelabuhan, Irwan menyebutkan untuk CT 1 memiliki dua dermaga yakni dermaga I memiliki panjang 170 meter dan lebar 41 meter dengan kedalaman 15 meter. Untuk dermaga II panjang 32 meter dan lebar 9,5 meter dengan kedalaman yang sama yakni 15 meter.

“Fasilitas pendukung lainnya di CT 1 yakni lapangan penumpukan dengan luas 10.850 meter dan gudang dengan luas 3.150 meter,” kata Irwan.

Lebih lanjut dikatakan, untuk fasilitas di CT 3 memiliki panjang dermaga yakni 423 meter dan lebar 70 meter dengan kedalaman 23 meter. Juga memiliki lapangan penumpukan yang lebih besar dari CT 1. Dukungan alat-alat kerja, BPKS memiliki Reack Stacer Container (25 ton), Forklip (5 dan 7 ton) dan Crain kapasitas 50 ton.

Dengan fasilitas yang telah dimiliki, BPKS berharap kepada Menteri Jonan dapat segera merealisasikan janjinya agar tumbuhnya sebuah investasi di bidang kepelabuhanan, sebagaimana yang diharapkan masyarakat Sabang.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY