Menhub Jonan: Semua Transaksi Harus Dengan Rupiah

0
410
Menhub Ignasius Jonan ketika menjajal KA Perintis Batara Kresna dari Stasiun Purwosari menuju Stasiun Solokota, Rabu (11/3/2015)  (tribunnews/Rento Ari Nugroho)
Menhub Ignasius Jonan ketika menjajal KA Perintis Batara Kresna dari Stasiun Purwosari menuju Stasiun Solokota, Rabu (11/3/2015)
(tribunnews/Rento Ari Nugroho)

Jakarta – (suaracargo.com)

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan memerintahkan segala transaksi di semua pelabuhan memakai rupiah. Instruksi tersebut sesuai Undang-Undang No. 7 tahun 2011 tentang penggunaan Mata Uang. Selain itu, perintah tersebut juga sesuai dengan Instruksi Menteri Perhubungan No.3 tahun 2014 mengenai penggunaan mata rupiah dalam melakukan transaksi pada kegiatan transportasi.

“Menteri meminta agar semua transaksi yang semula menggunakan dolar Amerika Serikat wajib memakai rupiah,” ujar Dirjen Hubungan Laut Bobby R Mamahit di Kementerian Koordinator Perekonomian, Senin (16/3/2015).

Bobby menyebutkan bahwa Jonan meminta kepada operator pelabuhan, dalam hal ini PT Pelindo I II, III, dan IV menggunakan rupiah pada semua transaksi.”Ini sudah jelas ketegasan permintaan Pak Menteri,” ungkapnya, seperti dilansir tribunnews.com

Menteri Jonan sudah mengirim surat kepada pimpinan Pelindo terkait pembayaran tarif jasa kepelabuhan tidak termasuk transaksi perdagangan internasional. Dengan begitu tidak termasuk dalam transaksi yang dikecualikan dalam penggunaan mata uang rupiah.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here