Menhub Jonan: Tanpa Pelabuhan Cilamaya, Biaya Logistik Tidak Akan Turun

0
342
peta lokasi Cilamaya (kompas.com)
peta lokasi Cilamaya (kompas.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Pemerintah telah memutuskan pembangunan Pelabuhan Cilamaya di Kabupaten Karawang diserahkan ke pihak swasta. Jadi, pemerintah tak akan menganggarkan dana sama sekali untuk membangun pelabuhan itu. Keputusan itu dinyatakan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Kamis (5/2).

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menyebut, alokasi APBN akan aman karena tidak digelontorkan untuk pembangunan Pelabuhan Cilamaya. “Cilamaya itu harus dibangun tapi uangnya uang swasta saja ga usah pake uang APBN,” katanya di Kementerian Perhubungan, Kamis (5/2), sebagaimana dilansir republika.co.id

Lebih jauh, Jonan menjelaskan bahwa pembangunan Pelabuhan Cilamaya tetap dilanjutkan karena proyek itu sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo untuk memangkas biaya logistik pelayaran. Menhub juga meyakini bahwa, pembangunan Pelabuhan Cilamaya dipastikan membuat biaya logistik menjadi berkurang.

Selain itu, Pelabuhan Tanjung Priok, pelabuhan yang terdekat dari wilayah yang terletak di kabupaten Karawang itu, belum ada kompetitornya. “Pelabuhan kalau tidak ada saingannya padahal peranannya besar, mana bisa turun biaya (logistik)-nya,” ujar Jonan.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here