Menhub Kunjungi Pelabuhan Penghubung di Papua

0
442
Foto: Menteri Perhubungan Budi Karya di Papua (Noval/detikcom)

Yahukimo – (suaracargo.com)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau pembangunan Pelabuhan Lokpon, Yahukimo, Papua. Pelabuhan ini nantinya akan menjadi pintu masuk logistik ke wilayah terisolasi yang ada di selatan Papua.

“Jadi sudah secara khusus saya laporkan ke Bapak Presiden, Dekai (Ibu Kota Yahukimo) ini bisa menjadi salah satu pilihan selain Wamena, menjadi distribusi daripada logistik, kombinasi dengan tol laut dengan tol udara,” jelas Budi di Atas Kapal Hanya Anugrah yang sedang Sandar di Pelabuhan Lokpon, Yahukimo, Senin (17/10/2016) sore waktu setempat.

Menurut Budi, keberadaan pelabuhan ini dapat menjadi sebab yang menekan harga bahan pokok di wilayah selatan Papua. Selama ini, beberapa kabupaten yang berada wilayah pegunungan Papua menerima logistik dari wilayah utara seperti Kota Jayapura. Hal ini membuat harga logistik lebih tinggi karena ongkos pengiriman yang mahal.

cargo-jakarta

“Kita harapkam nanti semen, aspal, bahan baku, akan lebih murah dengan adanya bantuan daripada adanya sungai ini. Tadi kita diskusi sungainya memang sudah lumayan bisa angkut 350 sampai 400 ton,” jelasnya, seperti dilansir detik.com.

Pelabuhan yang beroperasi di atas Sungai Brasa ini, dapat menerima distribusi barang dari Kabupaten Timika dan Asmat. Keberadaannya juga didukung Bandara Nop Goliat Dekai yang hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit ke berbagai wilayah ke pegunungan Papua. Saat ini bandara tersebut dapat dilandasi pesawat berbadan sedang seperti ATR 72.

“Bisa dibayangkan kalau ada efisiensi kurang lebih 200-300 kilo logistik ini bisa masuk ke dalam, sehingga pesawat udara untuk naik ke kota-kota di pegunungan itu mudah jadi,” jelasnya.

Sebelumnya, distribusi bahan baku ke berbagai wilayah pegunungan Papua berasal dari kota distribusi logistik yang jauh, seperti Timika dan Jayapura. Hal itu membuat ongkos pengirimannya lebih tinggi dan membuat harga bahan pokok melambung tinggi.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY