Menhub: Meski Punya Pelabuhan Besar, Indonesia Masih Bergantung Pada Dunia Internasional

0
325
Proses bongkar muat peti kemas di Jakarta International Container Terminal (JICT) Jakarta (tribunnews.com / Hendra Gunawan)

Jakarta – (suaracargo.com)

Menteri Perhubungan Budi Karya mengatakan, Indonesia selama ini memiliki banyak pelabuhan besar. Hanya saja, pelabuhan itu tidak dimanfaatkan secara optimal oleh Indonesia.

Bahkan, hingga saat ini, Indonesia masih bergantung kepada pelabuhan internasional lainnya. Hal inilah yang menyebabkan disparitas harga di Indonesia masih sangat tinggi.

“Potensi yang dimiliki oleh pelabuhan laut sangat besar. Kita tahu kita punya pelabuhan besar seperti Tanjung Priok. Tapi masih bergantung dengan pelabuhan internasional lain,” jelasnya di New Priok Container Terminal (NCPT), Jakarta, Selasa (13/9/2016).

banner-csm-atas

Seperti diketahui, hari ini Presiden Joko Widodo meresmikan NCPT. Diharapkan, pelabuhan ini mampu menekan disparitas harga secara nasional. Tentunya dengan dukungan pemerintah daerah.

“Dengan adanya ini. Kita akan lakukan pendekatan mana yang jadi fokus utama. Ada kecenderungan dari pemerintah daerah. Ini akan menjadi sesuatu yang baik bagi pengembangan pelabuhan Indonesia. “Namun, pengoperasian adalah bagian dari sesuatu yang strategis, perencanaan harus lebih baik,” tutupnya, seperti dilansir okezone.com.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here