Menhub Nilai Makassar Berpotensi Jadi Pelabuhan Utama

0
427

Jakarta – (suaracargo.com)

Dalam kunjungan kerjanya ke Sulawesi, menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menilai bahwa Makassar berpotensi sebagai pelabuhan utama yang melayani kegiatan dan alih muatan angkutan laut dalam jumlah besar. Dia berencana menjadikan Makassar yang dulu dikenal dengan Ujung Pandang itu sebagai hub di timur Indonesia.

“Kita ingin Ujung Pandang menjadi pusat Indonesia bagian timur, menjadi hub bagian timur,” kata Menhub di Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (19/12/2016).

Nantinya, hub itu akan dipusatkan di proyek pelabuhan terintegrasi New Port Makassar yang masih dalam tahap pembangunan. Makassar New Port ini akan terintegrasi langsung dengan pelabuhan, bandara dan jalan tol di Sulawesi.

“Kita akan atur supaya New Port Makassar memiliki volume yang banyak karena disini kita mengkonsolidasikan banyak pelabuhan di Indonesia timur. Semua yang ke Indonesia timur pasti ke Makassar,” ujarnya, seperti dilansir detik.com.

Melihat pembangunan infrastruktur di kota-kota lain yang semakin pesat, dia juga meminta agar Syahbandar, KSOP dan Pelindo bisa berkoordinasi serta bekerja sama dengan baik untuk membangun Makassar.

“Di pelabuhan kan sekarang ada tiga tempat, KSOP, Syahbandar dan Pelindo. Dulu sendiri-sendiri jadi orang kalau mau urus harus ketiga tempat itu nah sekarang harus satu tempat. Semua harus kompak, tidak ada lagi mempersulit orang lain, semua harus sama-sama membuat fasilitas pelabuhan ini makin baik buat masyarakat,” bebernya.

Di tengah era yang makin maju ini, dia ingin agar masing-masing daerah bisa meng-improve diri agar semakin kompetitif. Dia juga sempat memuji waktu tunggu bongkar muat barang (dwelling time) di Pelabuhan Makassar yang sudah sesuai target.

“Saya lihat disini juga dwelling time sudah bagus. Tapi saya ingin lihat lagi apakah barangnya yang keluar itu sesuai dengan dwelling time itu, jangan-jangan setelah dwelling time masih ada waktu lagi,” tutupnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here