Menhub Nilai Pelabuhan Tanjung Intan Punya Nilai Strategis

0
168
Pelabuhan Tanjung Intan - pelindo.co.id

Cilacap – (suaracargo.com)

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menilai Pelabuhan Tanjung Intan, Cilacap, Jawa Tengah, memiliki peran penting sebagai poros jalur laut wilayah Selatan Pulau Jawa.
Maka dari itu, pihaknya akan terus berupaya melakukan integrasi antar kabupaten di wilayah Selatan, untuk mengoptimalkan fungsi pelabuhan ini.

“Kami mau membuat koneksitas antar kabupaten di selatan Pulau Jawa,” ungkap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau pelabuhan tersebut, Minggu (6/8).

Saat ini, fungsi pelabuhan lebih banyak melakukan aktivitas bongkar muat bahan utama dalam pembuatan semen (klinker), batubara, minyak, bahan pokok, hingga hewan ternak.

“Saya minta Pak Bupati Cilacap dan bupati-bupati di selatan Pulau Jawa mengkoordinasikan apa yang perlu dilakukan. Karena apabila kita akan membangun satu konsep tentang kapal perintis, maka ada satu ketergantungan antara daerah satu dengan daerah lain sehingga ada barang yang di pull-kan,” papar Menteri Budi.

Selain itu, area depan pelabuhan yang menghadap Samudera Hindia itu akan dibangun daerah endapan. Bahkan, ide tersebut akan dikoordinasikan ke pihak terkait lainnya. Khususnya, Bappenas dan Kementerian agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

“Nanti kita koordinasikan dengan Bapenas dan ATR/BPN. Apabila sudah, maka nanti akan kita pikirkan fungsi-fungsi koneksitas apa yang mungkin bisa, seperti bandara ataukah apa nanti di sana,” urainya, seperti dilansir jawapos.com.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah Satrio Hidayat mengungkapkan terkait proyeksi pelabuhan Cilacap untuk perdagangan ekspor impor.

Implementasinya, pemerintah bakal menggandeng investor untuk menggarap pelabuhan tersebut. Apalagi, proyek pembangunan pelabuhan senilai Rp 1,5 trilun mengambil dana dari Kementerian BUMN. Namun persiapan pembangunan Pelabuhan Cilacap saat ini masih berproses dan ditargetkan selesai pada 2021.

Pelabuhan yang berlokasi di Jateng sisi selatan itu akan dioptimalkan muatan barang atau kontainer. Pasalnya, konsep Pelabuhan Cilacap akan menjadi induk pelabuhan ekspor-impor di kawasan industri nasional. Sehingga, dengan adanya pelabuhan tersebut, diharapkan pertumbuan industri di Jawa Barat dan Jateng terdongkrak secara signifikan.

Selama di Cilacap, Menteri Budi juga meninjau pelabuhan Terminal Tipe A Bangga Mbangun Desa dan Bandara Tunggul Wulung. Di hari yang sama Menteri Budi juga telah mengunjungi Tegal dan Purbalingga.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY