Menhub Resmikan Pengoperasian Dua Dermaga di Pelabuhan Laut Tanjung Tembaga

0
438
Pelabuhan Tanjung Tembaga (eastjava.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan meresmikan pengoperasian dua dermaga di Pelabuhan Laut Tanjung Tembaga Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (12/12/2015).

Dengan pengoperasian dua dermaga tersebut, Pelabuhan Laut Tanjung Tembaga sudah bisa disandari kapal ukuran 15.000 DWT (deadweight tonnage/tonase bobot mati) di sisi selatan dan kapal ukuran 20.000 DWT di sisi utara.

“Menhub mengungkapkan pengoperasian fasilitas pelabuhan ini mampu meningkatkan kapasitas dan pelayanan jasa kapal di Pelabuhan Probolinggo,” ujar Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan JA Barata dalam keterangan resminya di Jakarta, Minggu (13/12/2015), yang dilansir kompas.com.

Fasilitas pelabuhan yang diresmikan adalah sebuah dermaga multipurpose eksisting dengan ukuran 93×18,5 meter dan sebuah dermaga baru ukuran 150×31 meter dengan kedalaman kolam minus 15 meter LWS (low water spring/muka air laut surut terendah).

Dana pembangunan fasilitas eksisting maupun fasilitas yang sedang dikembangkan di Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo berasal dari dana gabungan APBN dan APBD Provinsi Jawa Timur.

Sementara itu, pengelolaan Pelabuhan Probolinggo ini akan diserahkan ke Badan Usaha Pelabuhanan (BUP) BUMD, PT. Delta Artha Bahari Nusantara.

Uji coba pengoperasian fasilitas dermaga oleh perusahaan itu dilakukan selama satu tahun sejak 8 Oktober 2015 lalu. Sedangkan tarif jasa kepelabuhanannya mengacu pada tarif BUP terdekat yang berlaku di Pelabuhan Probolinggo.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here