Menhub: Resmikan Tiga Pelabuhan di Maluku, Presiden Jawab Visi Poros Maritim

0
430
Menhub Budi Karya Sumadi (sumeks.co.id)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengakui bahwa pemerintah tengah berkomitmen unutuk membangun infrastruktur dan fasilitas penunjang di wilayah perbatasan. Dia menyatakan, pembangunan wilayah perbatasan adalah bukti dan komitmen Presiden Jokowi yang ingin membangun Indonesia dari pingiran dan mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

“Untuk itu, Pemerintah terus mengembangkan potensi kemaritiman dan pembangunan infrastruktur pelabuhan di pulau-pulau terluar, terpencil, dan perbatasan sehingga tercipta pemerataan pembangunan,” kata Budi Karya dalam keterangannya, Senin (8/5/2017).

Budi juga menambahkan bahwa jika peresmian tiga pelabuhan di Maluku Utara yakni Pelabuhan Laut Tapaleo, Pelabuhan Laut Wayabula dan Pelabuhan Bicoli adalah merupakan bukti dari komitmen tersebut.

Menurut Menhub, ke depannya nanti, seperti yang digariskan dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2005-2025 pengembangan wilayah diprioritaskan untuk mengurangi kesenjangan pembangunan wilayah antara Kawasan Barat Indonesia dan Kawasan Timur Indonesia melalui percepatan dan pemerataan pembangunan wilayah dengan menekankan keunggulan kompetitif perekonomian daerah berbasis sumber daya alam dan sumber daya manusia yang berkualitas.

Saat pidato laporan peresmian tiga pelabuhan tersebut, Budi Karya mengatakan bahwa Pelabuhan Tapaleo, Pelabuhan Wayabula dan Pelabuhan Bicoli merupakan tiga pelabuhan di antara 34 pelabuhan yang ada di Maluku Utara.

Pelabuhan Tapaleo dibangun selama tiga tahun dengan output yang dihasilkan berupa pembangunan dermaga tipe finger sepanjang 56 meter. “Dengan kedalaman 5 meter hingga 14 meter untuk mengakomodasi kapal dengan ukuran 1.000 DWT,” ucap Budi, seperti dilansir wartaekonomo.co.id.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here