Menhub Temukan Ratusan Pelabuhan Tanpa Izin di Sulteng

0
428
Menhub Budi Karya Sumadi (sumeks.co.id)

Palu – (suaracargo.com)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya adanya menemukan ratusan pelabuhan khusus tanpa izin untuk melakukan kegiatan umum di Sulawesi Tengah (Sulteng). Pasalnya, Dirjen Perhubungan Laut diimbau memberikan peringatan keras untuk menghentikan operasional pelabuhan-pelabuhan itu. Budi mengatakan, setelah surat peringatan Dirjen Hubla keluar, semua instansi terkait diminta turun ke pelabuhan-pelabuhan. Hal ini untuk melakukan penertiban bekerja sama dengan Polda Sulteng.

“Mungkin tidak semuanya ditutup, tetapi dilakukan perampingan dari 10 pelabuhan khusus ilegal itu dijadikan satu pelabuhan khusus saja dan di tempat seorang petugas (officer) yang akan mengawasi kegiatan mereka agar sesuai dengan izin yang diberikan,” ujarnya di Palu, Selasa (9/5/2017).

Dirinya mengatakan bahwa pihaknya akan tetap memberikan peluang kepada masyarakat agar usaha mereka berjalan. Namun, lanjutnya, masyarakat tersebut harus mematuhi ketentuan yang berlaku.

“Karena dampak beroperasinya pelabuhan-pelabuhan khusus ilegal itu, daya ungkit ekonomis pelabuhan-pelabuhan resmi menjadi lemah,” ujarnya, seperti dilansir okezone.com.

Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Toni Budiono mengatakan akan segera menerbitkan surat peringatan keras dan terakhir ke pelabuhan-pelabuhan khusus itu agar menyelesaikan urusan perizinan sampai September 2017.

“Setelah itu, semua pelabuhan khusus yang tak memiliki izin atau memiliki izin namun melakukan kegiatan pelabuhan umum akan ditindak tegas sebagai pelanggaran pidana dan pelabuhannya ditutup,” ujar Dirjen.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here