Menko Maritim Bahas Tol Laut Sore ini

0
308
Menko Maritim, Indroyono Soesilo. (Foto: Adityo Nugroho) - jurnalmaritim.com
Menko Maritim, Indroyono Soesilo. (Foto: Adityo Nugroho)
– jurnalmaritim.com

Jakarta – (suaracargo.com)

Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman, Indroyono Susilo, mengatakan bahwa dirinya sudah mendapat arahan dari Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) terkait pembangunan tol laut. Tol Laut itu sendiri merupakan salah satu bagian dari kampanye Joko Widodo (Jokowi) – JK dalam meraih kursi kepresidenan.

Kepada wartawan usai menemui JK di kantor Wakil Presiden RI, Jalan Medan Merdeka Utara, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (28/10/2014), Indroyono mengatakan bahwa izin-izin yang berkaitan dengan investasi akan dipangkas.
“Diupayakan penyederhanaan perizinan supaya investasi segera masuk, kalau perizinan sederhana ivestor tertarik,” katanya, seperti dilansir tribunnews.com

Kata dia, penyederhanaan perizinan itu juga termasuk soal penyederhanan perizinan terkait transportasi laut. Diharapkan, kata Menko, penyederhanaan itu bisa membuat ongkos transportasi melalui jalur laut bisa jauh lebih terjangkau. Detai pembangunan tol laut itu sendiri, menurut Indroyono, akan dibahas lebih lanjut dengan kementerian-kementerian terkait sore ini, di kantor Kementerian Kordinator Perekonomian.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa Kemenko Kemaritiman mengkordinasikan empat kementerian, yakni Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kementerian Pariwisata, Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Kementerian Perhubungan.

JK juga mengarahkan Indroyono untuk menyusun program agar nelayan punya sumber energi listrik, yang bisa dimafaatkan untuk fasilitas penyimpanan ikan. Kata dia, selama ini kendala nelayan adalah penyimpanan ikan. Kendala tersebut membuat nelayan-nelayan tersebut tidak bisa maksimal dalam melaut.

“Soalnya ikan itu telat sehari hari kan bisa busuk ikan itu, soal teknisnya bagaimana, belum,” ujarnya.
Dalam pertemuannya dengan JK hari ini ia juga mendapat arahan terkait Kementerian ESDM, yakni meningkatkan sumber-sumber energi listrik, dengan memaksimalkan pemanfaatan pembangkit listrik berbahan batu bara, air serta panas bumi.

Soal periwisata JK mengarahkannya untuk meningkatkan promosi pariwisata dengan menonjolkan kebudayaan, alam dan keramahan masyarakat.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY