Menko Maritim: Keputusan Pendanaan Pembangunan Pelabuhan Patimban Diputuskan Bulan Depan

0
492
ilustrasi pelabuhan (sindonews.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Pemerintah tengah mengkaji pendanaan pembangunan pelabuhan Patimban. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut memperkirakan, minggu depan sudah ada keputusan mengenai hal ini.

“Apakah itu step loan atau gimana, untung ruginya sedang diomongin,” kata Luhut saat ditemui di kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta Pusat, Kamis, 27 Oktober 2016.

Luhut menambahkan, timnya kini tengah melakukan perhitungan bersama dengan tim dari Bappenas dan Kementerian Perhubungan. Adapun mekanisme step loan yang dimaksud adalah mekanisme special terms for economic partnership.

Luhut menuturkan, pembangunan pelabuhan Patimban hanya tinggal masalah pendanaan saja, dan langkah-langkah yang membuat Indonesia bisa memiliki kebebasan dalam hal pengelolaan. “Kalau step loan berarti dananya dari Jepang. Itu memang yang buat Patimban selesai 2019”, katanya seperti dilansir Tempo.co.

Ketika ditanyakan mengenai finalisasi anggaran untuk membangun Patimban, Luhut mengatakan bahwa semua akan dibicarakan pada Rabu pekan depan. Dia berharap agar semuanya bisa segera final pada rapat di minggu depan itu, termasuk soal analisa mengenai dampak lingkungan (AMDAL).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah berencana melakukan percepatan pembangunan pelabuhan Patimban. Percepatan itu utamanya berkisar di sektor pengurusan izin lingkungan atau AMDAL.

Kementerian Perhubungan, kata Budi, tengah berbicara dengan konsultan pembangunan tentang finalisasi desain dari pelabuhan, dan juga finalisasi AMDAL. Selain itu, dalam rapat tersebut, Budi Karya juga mendapatkan usulan untuk berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Budi mengungkapkan bahwa ada ide membangun jalan tol sebagai akses menuju ke pelabuhan itu. Karena itu, dibutuhkan koordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat karena banyak jalan yang kondisinya tidak baik.

Penulis: Diko Oktara

Editor: M. Nahar

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here