Menko Maritim: Perencanaan Pembangunan Pelabuhan Patimban Masuki Babak Akhir

0
462
Pelabuhan Patimban (jurnas.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, kesepakatan pembangunan Pelabuhan Patimban dengan Jepang akan memasuki babak akhir, yakni mencari investor lokal untuk menggarap bersama pelabuhan di Kabupaten Subang tersebut.

Pemilihan investor lokal itu juga nantinya akan diputuskan bersama dengan pihak konsorsium Jepang.

“Patimban ini kita juga ingin segera selesai. Swasta untuk Patimban siapa? Nah itu mereka juga sedang merundingkan,” kata Luhut ditemui di Hotel Fairmont, Jakarta, Minggu (15/1/2017).

Menurut dia, sesuai arahan Presiden, investor lokal yang akan berpartner dengan Jepang diupayakan berasal dari swasta lokal.

“Presiden inginnya perusahaan pengusaha Indonesia masuk. Tapi terus terang saya belum tahu siapa yang potensial bisa masuk. Jangan semua BUMN dong, harus ada swasta yang masuk,” ungkap Luhut, seperti dilansir detik.com.

Seperti diketahui, pemerintah tengah merencanakan pembangunan pelabuhan Patimban, Jawa Barat yang pembangunannya akan menggunakan pinjaman lunak dari Pemerintah Jepang melalui Japan International Cooperation Agency (JICA).

Keberadaan Pelabuhan Patimban diharapkan dapat terintegrasi dengan Pelabuhan Utama Tanjung Priok dalam rangka meningkatkan efisiensi distribusi logistik di Indonesia.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here