Menko Maritim Sampaikan 4 Target Kepada DPR

0
363
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo (sumber: AFP Photo / Romeo Gacad)
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo (sumber: AFP Photo / Romeo Gacad)

Jakarta – (suaracargo.com)

Menteri Koordinator Maritim Indroyono Soesilo menjelaskan bahwa Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla memiliki keseriusan yang tinggi dalam membangun sektor maritim di Indonesia agar Indonesia menjadi poros maritim dunia.

Dalam pertemuannya dengan pimpinan DPR RI, hari ini, Indroyono menjelaskan pihaknya sudah menyampaikan tujuan utama Pemerintah. “Kita ada empat program fokus,” kata Indroyono di Jakarta, Rabu (21/1), sebagaimana dilansir beritasatu.com.

Keempat hal itu adalah memperkuat kedaulatan maritim Indonesia; memanfaatkan sumber daya alam hayati maupun nonhayati untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat Indonesia; pembangunan infrasturuktur maritim; dan membawa Indonesia menjadi bangsa bahari yang maju.

Kata Indroyono, untuk masalah kedaulatan maritim, DPR perlu mendukung penyelesaian batas laut antarnegara. “Baik batas laut atau ZEE (Zona Ekonomi Eksklusif), juga landas kontinen. Kita laporkan juga soal bagaimana mempercepat pembangunan perbatasan,” katanya.

Terkait sumber daya kelautan, disampaikan pula oleh Indoryono bahwa sejumlah program pengembangan, yang di dalamnya termasuk program perikanan budidaya. Sedangkan, terkait infrastruktur, disampaikan dua rencana pembangunan pembangkit listrik 35000 megawatt, revitalisasi dan pembangunan kapal dan pembangunan pelabuhan besar atau deep seaport. “Lalu program agar ada penguatan bangsa bahari dengan budaya, iptek dan inovasi,” imbuhnya.

Ketua DPR Setya Novanto menyatakan pihaknya akan mendukung penuh program-program Pemerintah dalam mengembangkan sektor kemaritiman

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here