Menko Maritim Tugaskan Menhub Atasi Dwelling Time di Pelabuhan

0
436
Menhub Ignasius Jonan (WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN/  Tribunnews.com)
Menhub Ignasius Jonan (WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN/
Tribunnews.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo menugaskan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan untuk mengatasi titik-titik krusial dalam masalah waktu tunggu di pelabuhan atau dwelling time. Nantinya, Jonan harus mempersiapkan otoritas pelabuhan untuk memantau segala bentuk kegiatan dan perizinan di pelabuhan.

“Jadi nanti Menhub akan siapkan port authority (otoritas pelabuhan) untuk memantau seperti apa kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan perizinan, dan pergerakan perizinan bisa dipantau secara online,” ujar Indroyono di Gedung BPPT, Jakarta, Senin (3/2/2015), sebagaimana dilansir tribunnews.com

Selain itu, kementerian dan lembaga yang terlihat langsung di pelabuhan sudah sepakat untuk memperkuat otoritas sesuai Undang-undang Nomer 17 Tahun 2008. Nantinya, otoritas pelabuhan akan memegang penuh kendali.

Selanjutnya, pemerintah juga akan mencoba sistem perizinan satu pintu di pelabuhan. Jadi, segala sesuatu yang terkait permasalahan perizinan di pelabuhan nantinya bisa dilaksanakan secara online.

Indroyono berharap, usaha tersebut bisa mengurangi waktu tunggu di pelabuhan. Waktu tunggu yang saat ini sekitar 8 hari bisa ditekn menjadi 4,7 hari saja.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here