Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Ingin Pelabuhan di Kepri Sekelas Singapura

0
453
Pelabuhan Batuampar, Batam (beritatrans.com)

Batam – (suaracargo.com)

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro mengusulkan agar Kepri bisa mempunyai suatu pelabuhan internasional sekelas pelabuhan Singapura jika ingin mengimbangi dan sejajar dengan negeri tetangga itu. Ia mengatakan, ribuan kapal menurunkan jangkar di pelabuhan Singapura ini yang menghubungkan pelabuhan ini ke lebih dari 600 pelabuhan lain di 123 negara dan tersebar di enam benua.

Pelabuhan Singapura tidak hanya menguntungkan secara ekonomis, tetapi merupakan kebutuhan ekonomi karena Singapura tidak mencukupi dalam hal sumber daya tanah dan alam. Pelabuhan ini penting untuk mengimpor sumber daya alam dan kemudian diekspor setelah produknya telah diproses dengan beberapa cara, misalnya fabrikasi wafer atau pengilangan minyak untuk menghasilkan pendapatan.

“Kalau Kepri bisa punya pelabuhan seperti ini, maka percepatan pembangunan Kepri akan terbang dan melacu kencang,” tutup Bambang.

Bambang menginginkan inisiatif dari daerah untuk mempercepat pembangunan di daerahnya. “Kami dari pusat hanya bisa mendorong,” imbuhnya. Mantan Menteri Keuangan era Presiden SBY ini menerangkan, kepala daerah yang berhasil adalah kepala daerah yang mampu memanfaatkan APBD dari pusat dengan sebaik-baiknya.

“Saya ingin tiap daerah bisa belanja APBD yang berkualitas, efektif dan efisien,” ujarnya, seperti dilansir batampos.co.id.

Presiden Jokowi menginginkan tiap daerah bisa mengoptimalkan Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki tiap daerahnya untuk mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi.

“Target pertumbuhan ekonomi nasional tahun 2018 adalah 6,1 persen,” kata Bambang.

Bila dana dari pusat dinilai belum mencukupi untuk membiayai pembangunan di daerahnya, maka daerah tersebut harus mempunyai solusi lain untuk bisa mencapai target perencanaan.

Pernyataan Bambang ini disampaikan pada rapat koordinasi teknis pembangunan dalam rangka penyelarasan kebijakan pembangunan nasional dan daerah tahun 2018 yang dilaksanakan di Hotel Harmoni One, Batam, Selasa (21/2).

Rapat ini dihadiri Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro, Gubernur Kepri Nurdin Basirun dan perwakilan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) di 17 provinsi se Sumatera, Jawa dan Bali.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here