Menteri Perikanan dan Kelautan Ingin Pelabuhan di Indonesia Saling Terintegrasi

0
381
ilustrasi pelabuhan (republika.co.id)

Jakarta – (suaracargo.com)

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ternyata menginginkan Indonesia memiliki pelabuhan yang modern. Dia berharap agar pelabuhan Indonesia bisa terintegrasi, antara logistik, penumpang dan perikanan.

Pasalnya, dia menilai, salah satu penyebab biaya logistik tinggi adalah kondisi pelabuhan di Indonesia belum saling terintegrasi satu sama lain. “Saya ingin melihat adanya pelabuhan besar yang teirntegrasi, kargo, perikanan, dan transportasi. Suatu hari saya akan melihat di satu tempat,” ucap Susi di Gedung Mina Bahari (GMB) IV, Senin (28/11/2016).

Dia menjelaskan, pelabuhan yang ada saat ini masih belum terintegrasi. Misalnya, pelabuhan perikanan di lokasi A lalu kargo di lokasi D. Kondisi seperti ini, kata Susi, membuat biaya logistik di Indonesia menjadi tinggi.

“Saat ini KKP bangun pelabuhan perikanan di lokasi A, lalu transportasi di C jaraknya 300 km, lalu ada kargo di D tempat lain. Hal itu membuat negara mengeluarkan biaya yang sangat mahal, Sehingga negara tidak punya daya saing dan menyusahkan pelaku usaha,” ucapnya, seperti dilansir okezone.com.

Untuk itu, dalam forum bisnis dan investasi, Susi mengajak pengusaha asal Norwegia dan Denmark untuk melakukan investasi di bidang kemaritiman di Indonesia.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here