Menteri Perindustrian Sambut Baik Pengalihan Pembangunan Pelabuhan Cilamaya Pada Swasta

0
392
peta lokasi Cilamaya (kompas.com)
peta lokasi Cilamaya (kompas.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Pemerintah telah memastikan proyek pembangunan Pelabuhan Cilamaya akan diserahkan kepada pihak swasta yang berminat untuk membangunnya. Menanggapi kepastian dari pemerintah ini, Menteri Perindustrian Saleh Husin menyambut baik. Saleh menilai, pelabuhan ini dinilai sangat penting bagi industri yang berada di sekitar Jawa Barat.

“Cilamaya jadi pelabuhan yang paling utama dari industri-industri yang ada di sekitar Jawa Barat seperti Karawang dan Cikampek,” ujar Saleh di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta Selatan, Kamis (5/2/2015). Saleh juga menjelaskan, pelaku industri di Jawa Barat telah menyampaikan keluhannya soal ketersediaan infrastruktur pelabuhan sebagai penunjang logistik industri.

Pelabuhan Tanjung Priok yang selama ini jadi andalan sekarang sudah tidak lagi mampu memenuhi kebutuhan industri. Hal itu diakibatkan oleh tingkat kemacetan yang tinggi. “Mereka sampakan bahwa logistik menuju dari pabrik yang tadinya 3 kali sekarang hanya 1 kali saja. Jadi alternatifnya yaitu pembangunan pelabuhan Cilamaya,” lanjut Saleh, sebagaimana dilansir liputan6.com.

Namun, untuk masalah pembangunannya, Saleh menyatakan telah menyerahkan sepenuhnya kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Bagi dia, semakin banyak pelabuhan alternatif akan semakin banyak bagi industri. “Kami serahkan semua ke Kemenhub apakah ada pelabuhan alternatif selain Cilamaya atau bagaimana. Tapi dengan adanya itu industri akan tumbuh besar, soal kemacetan dan logistik tinggi bisa teratasi. Semakin ada pelabuhan alternatif makin baik,” tandasnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here