Menurut Pelindo IV, Bongkar Muat di Pelabuhan Makassar Sudah Normal

0
313
ilustrasi pelabuhan di Makassar

Makassar – (suaracargo.com)

PT Pelindo IV mengklaim, kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Makassar, kini sudah normal kembali. Kondisi ini sekaligus menjawab keluhan pengguna jasa distribusi logistik terkait penumpukan kapal di Pelabuhan Makassar disebabkan alat bongkar muat milik PT Pelindo IV Makassar mengalami kerusakan.

GM Terminal Peti Kemas (TPM) Makasaar, Abdul Azis, mengungkapkan, data di lapangan hanya 1 Container Crane (CC) yang sementara diperbaiki dan RTG ada 4 unit. “Sore kemarin 1 unit sudah jalan dengan baik, kondisi real di lapangan berjalan normal saja. Baik kegiatan R/D maupun kegiatan B/M,” kata Abdul Azis, yang dikonfirmasi Upeks, Kamis (23/2/17).

Meskipun pada saat ini ada kapal KRI yang sementara sandar di dermaga selatan, namun pelaksanaan B/M tetap berjalan normal saja. Hanya memang bersamaan banyak kapal yang datang. Sementara, posisi alat, masih mencukupi karena ada alat bantu baik FT 32 ton maupun RTG. “Kalau alat ada yang kadang rusak pada perinsipnya adalah benar adanya,” katanya.

Menurutnya, kendala yang sampai saat ini masih ada yaitu tidak sinkronnya waktu layanan pelabuhan 24 jam sementara R/D hanya pada kegiatan shift 1 dan 2 saja sehingga beban kesibukan alat tertumpu pada jam tersebut sehingga shift 3 praktis R/D lengang.

Dikatakannya, hal ini sudah terjadi di wilayah operasional PT. Pelindo IV karena kesiapan gudang atau penampungan barang di luar pelabuhan belum semuanya berjalan 24 jam.

“Tentu banyak faktor. Hal ini tentu menjadi perhatian serius pihak kami untuk terus memperbaiki. Namun, kami harap pemahaman yang arif dan komprehensip oleh para pihak terkait terhadap masalah yang terjadi seperti pelayanan B/M dan R/D karena faktor penentunya banyak,” tandasnya, seperti dilansir upeks.co.id.

Dia pun mengaku tetap memberi apresiasi kepada pihak ataupun mitra yang ikut memberi konsentrasi penuh atas kelancaran distribusi logistik yang mana pelabuhan sebagai mata rantai utamanya.

Sebelumnya, Sekper PT. Pelindo IV (Persero), Baharuddin, menjelaskan, info yang disampaikan pelaku jasa terlalu berlebihan. “Sebenarnya Container Crane (CC) Terminal Petikemas Makassar punya 7 unit, memang ada 1 unit yang lagi service rutin dan besok sudah selesai. Terkait antrian memang ada 2 kapal yang lagi ngantri untuk tunggu giliran,” katanya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY