Minimnya Stok Cabai di Kalimantan Timur Tinggikan Harga Cabai

0
413
MASIH DI LANGIT: Harga cabai di beberapa daerah masih tinggi. Foto: Pojok satu

Balikpapan – (suaracargo.com)

Sempat turun, harga cabai ternyata masih tinggi. Bahkan, sudah terasa ’pedas’ di level distributor. Seperti pantauan Kaltim Post (INDOPOS GROUP) di Pasar Pandansari, Balikpapan, Selasa (17/1). Kemarin, harga cabai di tingkat distributor masih di kisaran Rp 85 ribu per kilogram.

Salah satu distributor di pasar ini, Arham, mengatakan bahwa harga yang tak menentu imbas dari masih minimnya pasokan cabai yang beredar di pasar. Pria yang telah bertahun-tahun menjadi distributor di pasar induk tersebut mengatakan, selama ini cabai didominasi berasal dari Palu, Sulawesi Tengah, dan Mamuju, Sulawesi Barat.

”Jumlah cabai yang datang sedikit karena di sana (daerah pemasok) musim hujan. Jadi, panen tidak bisa dilakukan setiap hari lalu langsung kirim. Setelah dua hari, mungkin baru bisa dikirim,” ucapnya, seperti dilansir indopos.co.id.

Selain dari Pulau Celebes, cabai datang juga dari Surabaya, Jawa Timur. Namun, sudah sekitar tiga bulan terakhir ini tidak ada pasokan dari Kota Pahlawan tersebut. Sebab, banjir sedang melanda Pulau Jawa. Walhasil, banyak petani cabai yang gagal panen. Mau tidak mau, distributor harus mendatangkan cabai dari Sulawesi. “Harga mahal karena memang kondisi barang yang masuk ke Balikpapan sangat sedikit, jauh dari persediaan normal,” katanya.

Jika normalnya pemasok dapat mengirim 80 koli cabai per hari, kini cabai yang masuk ke Kota Beriman hanya 15 sampai 20 koli. Dengan rincian satu koli berisi sekitar 35 kilogram. Apalagi besaran 80 koli cabai tersebut tidak hanya untuk distributor Balikpapan. Namun, juga kuota untuk memasok kebutuhan kota Kaltim lainnya. Dari Samarinda, Sangatta, Bontang, sampai Muara Wahau, Kutai Timur.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here