Mulai 1 Desember 2015, Sapi dari NTT akan Diangkut ke Jakarta dengan Kapal Khusus Ternak KM Camara Nusantara I

0
263
ilustrasi kapal ternak (maritimmedia.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Kementerian Pertanian memastikan, mulai Desember 2015, pengangkutan sapi dari NTT ke DKI Jakarta akan menggunakan kapal khusus ternak KM Camara Nusantara I.

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengatakan, sapi dari NTT akan diberangkatkan pada 1 Desember nanti dari Kupang, NTT guna memenuhi pasokan sapi di Jakarta. “Sapi dari NTT akan diberangkatkan 1 Desember 2015. Mudah-mudahan Pak presiden ada waktu untuk menyaksikan sapi tiba di Jakarta,” kata Mentan Amran.

Selama ini, sapi dari NTT yang masuk ke DKI Jakarta diangkut dengan menggunakan kapal barang. Kondisi kapal barang menyebabkan sapi stress dan kurus. Ini menyebabkan bobot badan sapi turun 20 %-30%.

“Harga sapi Rp30 .000 per kg per bobot hidup, kalau susut bobot badanya 20%-30%, maka ada Rp 1,8 juta per ekor uang yang hilang. Jadi dengan kapal ternak khusus, 20 persennya bisa dinikmati konsumen dan pemilik sapi,” ujar Mentan Amran.

Mentan Amran melakukan pengecekan peternakan sapi di Kupang, Selasa (17/11) didampingi Gubernur NTT Frans Leburaya. Hal ini sebagai bentuk tindak lanjut MoU kerjasama pengadaan daging sapi antara Kementan dengan 5 provinsi (Jatim, NTB,N TT, Lampung, dan Sulsel) untuk memasok kebutuhan daging sapi di DKI Jakarta dan wilayah sekitarnya.=

“Kebutuhan daging sapi di wilayah Jabodetabek mencapai 600.000 ton per tahun dan khusus DKI Jakarta kebutuhanya sebesar 185.000 per tahun”, ujar Mentan Amran, sebagaimana dilansir maritimedia.com.

Agar pengapalan sapi dari NTT ke DKI Jakarta berlangsung sukses, Mentan Amran akan membentuk tim khusus dan menjamin proses administrasi maupun berizinan di Karantina menjadi lebih mudah dan cepat serta tidak ada pungutan biaya kecuali biaya angkut kapal.

KM Camara Nusantara 1 yang baru diresmikan Presiden Joko Widodo pada Selasa (10/11) yang lalu adalah kapal khusus ternak milik Kementerian Perhubungan. Kapal dengan bobot 2.000 GT ini merupakan kapal ternak pertama yang dimiliki oleh pemerintah Indonesia.

Kapal ternak KM Camara Nusantara 1 dapat membawa 500 ekor sapi dengan melayani trayek Kupang-Bima-Tanjung Perak -Tanjung Emas-Bima-Kupang.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY