Offshore Logistic Base Jadi Andalan Pelabuhan Tenau Kupang Tingkatkan Kinerja Bongkar Muat

0
410
ilustrasi pelabuhan (jppn.com)
ilustrasi pelabuhan (jppn.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III mencatat terjadinya peningkatan kinerja operasional di Pelabuhan Tenau Kupang, Nusa Tenggara Timur. Salah satu indikasi peningkatan tersebut ialah aktifitas bongkar muat general kargo yang mencapai lebih dari 1 juta ton/m3 pada tahun 2014 lalu. Padahal, pada tahun 2013 yang lalu, realisasi arus bongkar muat jenis teresebut hanya 448 ribu Ton/m3.

“Artinya, terjadi peningkatan jumlah general kargo sebesar 127 persen apabila dibandingkan pada tahun 2014 dengan 2013,” ujar General Manager Pelindo III Cabang Tenau Kupang Deny Lambert Wuwungan dalam rilisnya, Minggu (1/2), sebagaimana dilansir jppn.com.

Peningkatan itu terjadi ketika terminal offshore logistic base mulai beroperasi. Terminal itu digunakan untuk mendukung kegiatan offshore yang dilakukan oleh Saipem Maritimo di perairan Darwin Australia.

“Saipem Maritimo sejak Agustus 2014 mulai melakukan pemasangan pipa gas dari pusat pengeboran ke Darwin. Mereka memilih Pelabuhan Tenau ini sebagai pusat untuk distribusi alat-alat mereka,” terang dia.

Setiap bulannya, kata Deny, setidaknya ada dua hingga empat kapal yang membawa ribuan ton pipa dari Kwantan Malaysia menuju Pelabuhan Tenau Kupang. Pipa-pipa itu dibawa dengan menggunakan kapal yang cukup besar, yang dikenal dengan istilah mother vessel. Setibanya di Pelabuhan Tenau Kupang, pipa-pipa itu kemudian dibawa dengan kapal-kapal berukuran lebih kecil menuju tempat pemasangan pipa di perairan Darwin Australia.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here