OOCL dari Singapura Jajaki Kemungkinan Bisnis dengan TPKS Semarang

0
554
Kapal OOCL (jurnalmaritim.com)
Kapal OOCL (jurnalmaritim.com)

Semarang – (suaracargo.com)

Perusahaan pelayaran Orient Overseas Container Line (OOCL) melakukan penjajakan bisnis dengan Terminal Petikemas Semarang (TPKS). Rencananya, bisnis yang akan dilakukan oleh OOCL adalah membuka pelayaran internasional dari dan ke Jawa Tengah, atau Daerah Istimewa Yogyakarta. Penjajakan bisnis tersebut dimulai dengan kunjungan OOCL ke Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Delegasi dipimpin Mr. P.C. Wu sebagai Region and Group Head Taiwan and ASEAN Head dari OOCL (Singapore) PTE. LTD.

Dalam kunjungannya, P.C Wu mengatakan kini OOCL telah menjadi perusahaan pelayaran nomor satu di Jakarta, terutama di wilayah TPK Koja dan memiliki throughput peti kemas yang cukup banyak di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. “Sehingga, OOCL mencoba melakukan mapping dan kemungkinan untuk membuka bisnis di Pelabuhan Semarang (TPKS),” kata Wu, di Pelabuhan Tanjung Emas, Rabu (7/5).

Selain melakukan kunjungan, delegas OOCL mendengarkan dan melihat secara langsung kondisi, kinerja, serta infrastruktur dan suprastruktur yang bisa TPKS tawarkan, terkait rencana mereka melakukan penjajakan bisnis tersebut. “Kami sangat menyambut baik rencana OOCL berker jasama dengan TPKS,” kata General Manager TPKS, Edy Sulaksono, seperti dilansir jurnalmaritim.com.

Dikatakan pula Edy, selama ini sebetulnya pelayaran langsung dari dan ke Taiwan, China, dan Hongkong, sudah banyak dilakukan perusahaan pelayaran seperti Samudera Indonesia, Evergreen, dan Yan Ming. Sehingga, perekonomian Jawa Tengah sudah meningkat dengan ditandai banyak berdirinya industri baru, dan bisa menjadi daerah yang sangat prospektif untuk perusahaan pelayaran, terlebih dari sisi ekspornya.

Asisten Manajer Operasi TPKS, Purwnto Wahyu menambahkan jika OOCL serius berminat berkerja sama, TPKS masih memiliki slot window untuk kapal sandar yang available antara Jumat sore sampai Senin Pagi. “Hal ini memungkinkan diberikan OOCL, jika nantinya akan melakukan call di TPKS,” katanya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here