Optimalisasi Kereta Logistik Jakarta Bandung, PT KAI dan PT MTI Diminta Pertimbangkan Volume Barang Yang Bisa Diangkut

0
274

Jakarta – (suaracargo.com)

Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia menilai, PT KAI dan PT Multi Terminal Indonesia perlu mempertimbangkan volume yang mampu ditampung jika hendak melakukan optimalisasi angkutan kereta api peti kemas Jakarta-Bandung.

“Kami mengapresiasi upaya rencana PT KAI dan PT MTI mengoptimalkan Stasiun Pasoso dan TPK Gedebage karena hal ini juga akan mengurangi beban kemacetan yang di wilayah Tol Cikampek,” ujar Ketua Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Yukki N Hanafi kepada Bisnis, Minggu (10/1/2016).

Yukki menyatakan, optimalisasi angkutan kereta apa Jakarta-Bandung memberikan pilihan baru bagi pengguna ataupun pemilik dalam mengirimkan barangnya.”Tinggal bagaimana sisi volume dan harganya, apakah bisa bersaing dengan angkutan darat,” sambungnya, seperti dilansir Bisnis.com.

Menurut Yukki, harga yang dipatok PT MTI belum tentu mampu bersaing dengan moda angkutan lain. Hal itu disebabkan karena tarif yang disampaikan belum termasuk biaya angkut kontainer dari tempat penurunan ke tempat tujuan akhir.

“Saya yakin kalau terjadi efisiensi waktu ataupun harga dipastikan akan banyak menggunakan, yakni para pemilik barang maupun perusahaan logistik dan transportasi. Tetapi tidak ada efisiensi maka tidak akan dipilih ini” jelas Yukki.

Hal ini mengingat mekanisme operasional yang bersifat business to business. Yukki menjelaskan kepada PT MTI sebagai perusahaan logistik jika pelayanan mereka kurang transparan, pangsa pasar akan sulit didapatkan.

Jika volume terbatas, Yukki memandang mungkin saja rencana tersebut akan berjalan dengan baik. Hal itu juga akan terlihat dalam enam bulan ke depan. “Nanti apakah dapat berjalan dengan baik atau tidak karena DPP ALFI menilai angkutan kereta api akan menjadi efisien dan efektif kalau jarak tempuhnya diatas 500 kilometer tetapi kalau dibawah berarti belum,” terangnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY