Paket.id Siap Jadi Marketplace Bagi Perusahaan Jasa Logistik

0
329
Ilustrasi Logistik Foto: Ilustrasi/Istimewa

Berawal pengalaman seorang kerabat yang mengalami kesulitan dalam mengirimkan barang, Dika Maheswara berinisiatif untuk membuat layanan yang dia namakannya Paket.id.

Paket.id merupakan sebuah platform pengiriman barang yang terdiri dari aplikasi web dan mobile. Melalui layanan ini, pengguna cukup menggunakan kode singkat tanpa perlu melakukan label atau penulisan alamat pada barang yang dikirim. Nantinya kode yang ada dapat digunakan untuk mengirimkan dan mengecek status pengiriman barang.

Gandeng jasa logistik

Terkait persaingan dengan jasa logistik lainnya, Dika mengungkapkan bahwa Paket.id justru berkeinginan menjadi marketplace jasa logistik. Ia mengklaim, startup besutannya ini memiliki perbedaan dari segi layanan.

“Jasa sejenis biasanya hanya memiliki satu segmen dalam sektor logistik, seperti pick up saja. Kami sedikit berbeda, karena kami membantu layanan logistik yang sudah ada untuk mencapai sebuah standar baru dengan menjembatani mereka dengan pengirim secara teknologi,” ungkap Dika, seperti dilansir id.techinasia.com.

Saat ini, Paket.id telah bekerja sama dengan beberapa jasa logistik seperti Tiki, SML dan JNE. Ke depannya, Paket.id sendiri tidak menutup kemungkinan untuk bisa menggandeng lebih banyak lagi perusahaan jasa pengiriman barang.

Semenjak diluncurkan pada awal tahun 2016 bersama lima orang anggota timnya, Paket.id telah melakukan sekitar 40.000 transaksi. Pihaknya melakukan pendekatan langsung kepada pengguna dengan mendatangi loket pengiriman jasa logistik yang telah bekerja sama. Meski masih menggunakan cara konvensional, Dika mengaku cara tersebut cukup efektif karena bisa mendapatkan feedback langsung dari pengguna.

Dika mengungkapkan bahwa pengguna yang menggunakan layanannya datang dari latar belakang penjual di media sosial seperti Facebook, Instagram dan marketplace. Salah satu e-commerce yang menggunakan layanannya yaitu Tees.co.id.

Cara penggunaan

Sementara itu, untuk menggunakan layanan Paket.id, pengguna bisa memasukkan informasi tujuan pengiriman pada aplikasi. Pengguna juga bisa membandingkan harga jasa logistik yang tersedia pada aplikasi.

Setelah mendapat jasa logistik yang tepat, sistem di Paket.id akan membuat kode yang bisa digunakan oleh jasa logistik untuk mengirimkan barang pengguna.

Pengguna bisa mengantarkan barang langsung ke kantor jasa logistik yang telah mendapatkan kode dari Paket.id. Namun, jika pengguna tak mau bersusah payah ke kantor jasa logistik, dia juga bisa menggunakan fitur pick up agar kurir menjemput barang tersebut di tempat pengguna.

Selama proses pengiriman berlangsung, penerima barang akan mendapatkan update posisi pengiriman lewat pesan singkat. Penerima barang juga bisa mengecek keberadaan dengan menggunakan kode yang telah didapatkan pada aplikasi.

Paket.id sendiri memiliki target untuk meraih 10.000 pengiriman per hari di tahun 2017 mendatang.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY