Pastikan Barang Sampai, Menhub Tambah Trayek Tol Laut

0
411
infografis Tol Laut (Pontianak Post)

Jakarta – (suaracargo.com)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan menambah jumlah trayek untuk tol laut, dari 6 trayek menjadi 13 trayek. Hal ini bertujuan agar barang-barang yang dikirim bisa tersalurkan sampai ke wilayah terpencil di pelosok Indonesia.

“Sekarang ada 6 trayek, kita akan kembangkan jadi 13 trayek di mana 3 diantaranya trayek baru dan empat lainnya adalah trayek di mana satu lintasan kita bagi dengan angkutan kapal dan roro.

Sehingga point to point itu mendapatkan waktu yang lebih pendek,” ungkap Budi usai rapat kabinet terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (5/1/2017).

Budi melihat, wilayah terpencil tidak bisa dituju dengan menggunakan kapal besar. Apalagi, saat ini pelabuhan-pelabuhan besar yang direncanakan belum terbangun hingga sekarang.

“6 itu kan trayeknya panjang sekali. Nah ujungnya kita potong, kita berikan kepada ASDP. Supaya apa? Supaya barang itu dari sini sampai Maumere, nah sampai Maumere dia langsung balik ke Jakarta, atau Surabaya. Dari Maumere menuju Kupang, Waingapu itu pakai ASDP aja. Supaya dari titik ke titik itu efisien, mencapai waktu yang pendek,” paparnya, seperti dilansir detik.com.

Selanjutnya adalah dengan membangun pusat logistik di beberapa tempat. Sehingga bisa mengatur pola distribusi barang dengan lebih tepat. Hal ini juga akan berfungsi untuk tempat penyimpanan dalam jangka cukup lama.
.
“Kita kerjasama dengan BUMN bangun pusat loigistik bernama rumah kita. Di mana rumah ini di satu sisi digunakan membantu untuk mendistribusikan barang bertahap, karena selama ini bila barang dibiarkan datang sendiri maka kondisinya harga tidak akan terkondisi setelah tiga hari,” jelas Budi.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here