Pastikan Kelancaran Distribusi Barang, Batam Butuh 78 Pelabuhan Tambahan

0
421
ilustrasi pelabuhan (industri.bisnis.com)
ilustrasi pelabuhan (industri.bisnis.com)

Batam – (suaracargo.com)

Kota Batam Kepulauan Riau membutuhkan tambahan 78 pelabuhan untuk memastikan kelancaran distribusi barang dan transportasi warga di kota yang terdiri dari ratusan pulau itu.

“Kebutuhan pelabuhan 130, dan sekarang baru 40% yang terbangun,” kata Wali Kota Batam Ahmad Dahlan di Batam, Jumat (6/3/2015). Pelabuhan ini terutama akan dibangun di pulau-pulau penyangga secara bertahap.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Yumasnur menambahkan, pemerintah berencana membangun pelabuhan berkualitas baik, tidak lagi terbuat dari kayu, melainkan beton.

Ia juga mengatakan, kini terdapat 103 pelantar yang dibangun pemerintah di seluruh wilayah Batam. Baru 30 pelantar yang dibangun dengan beton, sedangkan 73 sisanya masih terbuat dari kayu. Dari 73 pelantar terbuat dari kayu itu, kata Yumasnur, sebagian berada dalam kondisi yang buruk. “Ada yang masih layak. Namun, tidak sedikit mengkhawatirkan kondisinya,” kata dia.

Sebagai tahap awal, lanjut Yumasnir, pemkot menganggarkan pembangunan tiga pelantar beton dalam tahun ini, yaitu di Pulau Panjang dan Bulang Kebam.

Menurut Kepala Dinas tersebut, kayu tidak cocok dijadikan bahan utama pelantar karena usianya yang singkat dan barangnya juga sudah sulit didapatkan di pasar. Beton lebih cocok karena memiliki konstruksi kuat dan mampu bertahan sampai puluhan tahun, apalagi jika dirawat secara berkala.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam Zulhendri mengatakan bahwa pemerintah pusat berencana membangun empat pelabuhan di Pulau Bulang, Nongsa, dan Pulau Belakang Padang. Zulhendri menyatakan bahwa pemerintah menyiapkan dana sekitar Rp6 miliar untuk membangun pelabuhan itu, mulai dari persiapan hingga pengerjaan pembangunan.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here