Pelabuhan Barang di Jepara Belum Memiliki Pemecah Ombak

0
574
Kapal-kapal nelayan bersandar di pelabuhan niaga Jepara. (Metrotvnews.com/Rhobi Shani)

Jepara – (suaracargo.com)

Pelabuhan barang di Kelurahan Jobokuto, Kecamatan Jepara Kota, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, tidak dilengkapi pemecah ombak. Akibatnya, saat musim angin barat dan gelombang tinggi, kapal-kapal pengangkut barang lebih memlih bersandar di pelabuhan penyeberangan Kartini.

Kepala UPP Syahbandar Jepara Suripto menyampaikan, semestinya pelabuhan barang diberi pemecah ombak. Hal itu demi keselamatan kapal yang hendak bersandar saat musim gelombang tinggi dan angin kencang. Namun, hingga saat ini, pelabuhan barang dan pelabuhan penyeberangan di Jepara belum dilengkapi pemecah ombak.

“Rencana Induk Pelabuhan sudah kami ajukan, tapi sampai sekarang belum ada jawaban. Membuat pemecah ombak biayanya lebih tinggi jika dibanding dengan membuat pelabuhan,” ujar Suripto, Kamis (10/11/2016).

Suripto menambahkan, selain tempat bongkar muat barang, jika disertai pemecah ombak, pelabuhan barang dapat menjadi tempat berlindung kapal-kapal yang melintas di perairan luat Jepara dari gelombang tinggi. Serta, tempat bersandar kapal-kapal nelayan saat musim angin barat.

“Selama ini kalau musim gelombang, kapal-kapal yang melintas berlindungnya di sekitar perairan Pulau Panjang. Sedangkan kapal-kapal nelayan bersandar di pelabuhan penyebrangan Kartini,” kata Suripto, seperti dilansir metrotvnews.com.

Selain tak disertai pemecah ombak, Suripto menambahkan, sebagai pelabuhan barang, pelabuhan di lingkungan kantor UPP Syahbandar Jepara itu juga tidak diserati peralatan bongkar muat. Sehinga, saat ini pelabuhan barang hanya dimanfaatkan nelayan untuk menyandarkan kapal.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here