Pelabuhan Baru Saingi Penyeberangan Merak – Bakauheni

0
861
Antrean Merak. ©2012 Merdeka.com

Merak – (suaracargo.com)

Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (Gapasdap) menilai, tingkat penumpang kapal rute Pelabuhan Merak-Bakauheni menurun.

Menurut Ketua Umum Gapasdap, Khoiri, penurunan tersebut terjadi lantaran berbagai faktor.

Di antara faktor penyeba penurunan tersebut adalah keberadaan Pelabuhan Bojonegara dan rute baru Pelabuhan Tanjung Priok-Lampung.

“Kita semakin sulit dengan kondisi iklim usaha kita. Yang jelas teman-teman kita di sini sudah pada titik yang mengenaskan sehingga muncul persaingan yang tidak sehat dan tidak kondusif. Penurunannya sekitar 40 persen,” ucapnya saat berkunjung ke Pelabuhan Merak sebagaimana dilansir Radar Banten Online (Jawa Pos Grup), Senin (24/10).

cargo-jakarta

Khoiri berharap agar pemerintah dapat menaungi seluruh pelabuhan dalam satu naungan yang sama yaitu PT. ASDP Indonesia Ferry. Hal itu, sambung Khoiri, agar pelabuhan-pelabuhan lain dapat terkontrol dan terkendali.

“Lintasan Merak-Bakauheni yang telah dibanganun sedemikian baiknya ini, dengan kapal yang besar-besar dengan standar keamanan dan pelayanan yang tinggi, tentunya harus dilindungi. Tidak boleh disaingi dengan lintasan-lintasan yang standarnya tidak sama,” ujarnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here