Pelabuhan Bongkar Muat di Pontianak Masih Banyak Yang Belum Terawasi

0
477

Pontianak – (suaracargo.com)

Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, mewanti-wanti kalau banyak pelabuhan bongkar muat barang di Kota Pontianak yang tidak terpantau dalam pengawasan. Kurangnya pengawasan akan membuka peluang penyelundupan barang-barang ilegal. Ia katakan bahwa memang ada beberapa Pelabuhan bongkar muat yang tidak dipantau oleh petugas yang dikhawatirkan tidak diketahui barang yang dibawanya.

Selain itu ia katakan pula agar jangan sampai narkoba dan barang-barang ilegal lainnya, seperti yang beberapa waktu lalu dimusnahkan di Polresta Pontianak.

“Kita koordinasi lintas sektor, misalnya Polairut, Syabandar, Dinas Perhubungan provinsi dan kota, itu yang berperan terhadap fungsi dari dermaga atau pelabuhan swasta tersebut,” ungkapnya, Kamis (27/4/2017).

Ia menegaskan kalau pemberian izin tentu disesuaikan dengan barang yang dibongkar muat di dermaga yang ada, ia juga meminta harus ada pengawasan rutin dan berkala dari instansi terkait.

“Kita juga perlu dapat informasi dari masyarakat luas, misal tentang maraknya penyendupan, narkoba, kita juga perlu waspada, apakah yang dibongkar itu benar, bisa jadi dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk mengambil keuntungan, makanya dermaga-dermaga yang ada harus diawasi, kewenangan pemberian ijin bukan kewenangan Pemkot” katanya, seperti dilansir tribunnews.com.

Kota Pontianak yang merupakan kota terbuka yang bisa diakses dari berbagai transportasi, mulai dari darat, laut, dan udara tentu menurutnya harus diperhatikan dengan serius.
Namun di lapangan ada keterbatasan personel. Hal ini tentu membuat adanya kerawanan dalam hal-hal yang melanggar.

Ditegaskannya, pengawasan sudah harus dilakukan, ini merupakan tugas dan fungsi pihak-pihak yang sudah jelas tupoksinya.

Ia meminta katakan kalau pengawasan bukan lagi hanya rencana tapi sudah harus dilakukan.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here