Pelabuhan Bungkutoko Akan Dijadikan Pelabuhan Percontohan Nasional

0
540
Pelabuhan Bungkutoko (fajar.co.id)
Pelabuhan Bungkutoko (fajar.co.id)

Kolaborasi antara Gubernur Sultra, H. Nur Alam dan Wali Kota Kendari Ir. Asrun yang mengarsiteki terbangunnya Pelabuhan Peti Kemas di Bungkutoko mendapat apresiasi dari Perhubungan Pusat. Pasalnya, proyek tersebut telah melahirkan sebuah area yang akan menjadi pelabuhan percontohan nasional. Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Kesyabandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kendari, M. Takwim Masuku.

Ditemui usai seremoni penyambutan kapal patroli yang baru tiba dari Jakarta Pusat, Senin (23/3) Takwim mengatakan, rencananya tahun ini Kementrian Perhubungan akan menyerahkan pengelolaan Pelabuhan Peti Kemas ke Otoritas Pelabuhan Kendari. Untuk itu, dalam waktu dekat, tim dari perhubungan laut pusat akan meninjau lokasi tersebut.

“Tahun ini informasinya akan diserahkan. Bahkan beberapa waktu lalu Dirut Pelabuhan dari Jakarta sudah membisikan bahwa pelabuhan itu harus didesain untuk jadi percontohan. Nah secara kualitas pelabuhannya saya lihat sudah luar biasa,” jelasnya, sebagaimana dilansir fajar.co.id.

Ketika disinggung seperti apakah pelabuhan percontohan itu nantinya, Takwin mengatakan bahwa akan ada banyak fasilitas dan infrastruktur penunjang dalam area tersebut. “Dalam pelabuhan nanti semua fasilitas harus representatif. Misalnya kantor pelayanan terpadu, gudang, lokasi bongkar muat, dan itu akan kita bangun setelah ini diserahkan,” ujar kata mantan Kepala KSOP Ternate tersebut.

Sementara itu, Wali Kota Kendari, H. Asrun mengaku sudah melakukan banyak persiapan terkait rencana tersebut. Berbagai Infrastrur penunjang sudah dipenuhi. “Memang kita sudah siapkan. Ringroad, kawasan industri bahkan pelabuhan kontainer Insya Allah akan berdiri di sana,” jelasnya. Satu hal yang lebih menarik dari itu kata Asrun, tak jauh dari lokasi pelabuhan akan dibangun pelabuhan khusus kontainer.

Hal itu sejalan dengan program Presiden RI, Joko Widodo yang akan membangun jaringan tol laut di 10 daerah, dan Kota Kendari adalah salah satunya. “Alhamdulilah, kita masuk jaringan tol laut. Nanti pelabuhan kontainer itu akan menjadi milik Pelindo, kira-kira 2017 sudah selesai dan saya sangat support karena akan memberikan kita berjuta manfaat,” tuturnya.

Tanggapan positif juga datang dari Ketua DPRD Kota Kendari, Abdul Razak. Hanya saja ia berharap ada pembicaraan lebih dulu antara Pemkot Kendari dengan pihaknya. Hal itu harus dilakukan lebih dari pertimbangan PAD yang akan diperoleh daerah. “Inikan akan dikelola oleh pihak lain, sehingga kita harus dudukan bersama dulu seperti apa hitungannya. Secara infrastruktur saya sangat mendukung. Tinggal polanya di lapangan seperti apa itu yang kita tunggu,” tandasnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here