Pelabuhan Cirebon Bangun Jalan Tol Akses Pelabuhan

0
151
Kapal patroli yang tengah bersandar di pelabuhan Cirebon (id.wikipedia.org)
Kapal patroli yang tengah bersandar di pelabuhan Cirebon (id.wikipedia.org)

Cirebon – (suaracargo.com)

PT Pelindo II akan bangun jembatan atau jalan tol laut dari Pelabuhan Cirebon menuju pintu masuk Tol Kanci. Jalan ini dibangun khusus untuk akses keluar masuk Pelabuhan Cirebon.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Utama PT Pelindo II, Richard Joost Lino, saat pelaksanaan Seminar Revitalisasi Pelabuhan Cirebon, Rabu 10 Juni 2015. “Kami akan menambahkan lagi alokasi anggaran sebesar 50 persen dari Rp 2 triliun menjadi Rp 3 triliun,” kata Lino, seperti dilansir tempo.co.

Seperti diketahui, PT Pelindo II akan segera merevitalisasi Pelabuhan Cirebon tahun ini. Anggaran revitalisasi itu mencapai Rp 2 triliun. Selain itu, PT Pelindo II pun akan membangun akses jalan menyusuri tepi laut. Namun, jika pembangunan tersebut menemui kendala, jalan tol laut menuju pintu tol Kanci akan menjadi solusinya.

Karena itu, Lino berharap agar semua pihak, terutama Pemkot dan Pemkab Cirebon, mendukung revilisasi Pelabuhan Cirebon yang akan segera dilakukan Oktober tahun ini.

Menurut Lino, nantinya revitalisasi Pelabuhan Cirebon dampaknya tidak hanya dirasakan kota dan Kabupaten Cirebon. Wilayah lain seperti Tegal, Jawa Tengah, juga akan merasakan dampak positifnya.

Lino pun juga menegaskan soal pemberian jaminan jika pengembangan Pelabuhan Cirebon bisa direalisasikan. Jaminan tersebut diberikan karena selama 10 tahun berganti pimpinan, pengembangan pelabuhan Cirebon selalu menjadi janji yang hingga kini tak pernah ditepati.

“Kalau sekarang, saya jamin dan saya janji akan dituntaskan,” katanya. Bahkan pihaknya pun sudah mengalokasikan anggaran hingga Rp 3 triliun untuk pengembangan pelabuhan tahap pertama saja.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jabar, Dedi Taufik, mengungkapkan jika pihaknya akan segera membentuk tim percepatan. Tim ini sebagai tindaklanjut atas kesepakatan antara Pemprov Jabar dengan PT Pelindo II.

“Tim ini untuk memberikan kesinambungan antara kebijkaan pemerintah pusat, provinsi maupun kota terkait pembangunan Pelabuhan Criebon,” katanya.

Pemprov Jabar, lanjut Dedi, sangat mendukung terhadap revitalisasi Pelabuhan Cirebon. Terlebih saat ini sudah ada Perda No 12 Tahun 2014 tentang Kota Metropolitan, di mana Cirebon menjadi bagian dari kota metropolitan di Jawa Barat.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY